Presidensi G20 Indonesia Inginkan Keberlanjutan Kehidupan di Masa Depan

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 02 Desember 2021
Presidensi G20 Indonesia Inginkan Keberlanjutan Kehidupan di Masa Depan
Pembukaan Presidensi G20 Indonesia di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (1/12/2021) malam (ANTARA/Suci Nurhaliza)

MerahPutih.com - Indonesia menggelar Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia di Jakarta, Rabu (1/12). Sepanjang 2022 ini, berbagai pertemuan akan digelar pemerintah sebagai tindaklanjut menjadi tuan rumah KTT G20, yang puncaknya digelar di Bali.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua I Bidang Sherpa Track menegaskan, Presidensi G20 Indonesia bertujuan agar dunia dapat keluar dari krisis dengan lebih baik dan lebih tangguh.

Baca Juga:

Jokowi Undang Negara G20 untuk Lihat Keindahan Alam Indonesia

"Hal ini tentunya membutuhkan transformasi cara kerja global, perubahan pola pikir dan model bisnis, pemanfaatan setiap kesempatan di tengah pandemi untuk menghasilkan terobosan baru,” kata Menko Airlangga.

Ia menegaskan, Presidensi G20 merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi global, dengan partisipasi aktif membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, lebih adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Presidensi G20 Indonesia mengusung tema Recover Together, Recover Stronger. Dengan tema tersebut, Presidensi G20 Indonesia diharapkan dapat memberikan semangat baru untuk mewujudkan tatanan dunia yang bukan hanya memberikan kesejahteraan dan kemakmuran, namun juga menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan.

Presidensi G20 Indonesia akan fokus untuk membawa tiga isu pembahasan strategis yaitu penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan.

 Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Antara)

Presidensi G20 Indonesia menjadi momentum untuk meningkatkan diplomasi ekonomi melalui upaya menciptakan arsitektur ekonomi dan kesehatan global pasca krisis.

Presiden RI Joko Widodo menginginkan agar Presidensi G20 Indonesia tidak sebatas seremonial belaka.

"Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata. Indonesia siap berkolaborasi dan menggalang kekuatan sehingga masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini. Indonesia juga harus menghasilkan terobosan-terobosan besar dari forum G20," ujar Presiden Joko Widodo. (Asp)

Baca Juga:

Presidensi G20 Indonesia, Jokowi Dorong Negara G20 Lakukan Aksi Nyata

#G20 #KTT G20 #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Bagikan