Presiden Turki Erdogan Tiba di Teheran Iran Presiden Iran Hassan Rouhani berbicara dalam parade pasukan bersenjata di Teheran, Iran, Jumat (22/9). (ANTARA FOTO/President.ir/Handout via REUTERS)

MerahPutih.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tiba di Ibu Kota Iran, Teheran, pada Rabu (4/9), untuk pembicaraan penting dengan para pejabat senior negara itu.

Selama kunjungan resmi satu hari, Erdogan dijadwalkan bertemu dengan timpalannya dari Iran Hassan Rouhani dan pemimpin spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei guna membahas peningkatan hubungan bilateral serta masalah regional dan internasional.

Erdogan dan Rouhani juga direncanakan memimpin pertemuan kelima Dewan Kerja Sama Strategis Tingkat Tingi Turki-Iran di Teheran pada Rabu.

Presiden Turki itu memimpin satu delegasi tingkat tinggi yang terdiri atas empat menteri Kabinet Turki --ekonomi, energi, bea-cukai dan kebudayaan-- serta pemilik usaha dan penanam modal Turki.

Xinhua melaporkan Rabu malam, kedua negara bertetangga tersebut adalah mitra ekonomi penting dan berencana meningkatkan volume perdagangan tahunan mereka jadi 30 miliar dolar AS.

Selama beberapa bulan belakangan, kedua negara itu juga telah melakukan tindakan guna mendorong kerja sama militer mereka.

Kunjungan Erdogan dilakukan setelah referendum kemerdekaan Kurdistan Irak, yang menjadi sumber keprihatinan bagi kedua tetangga Irak itu. (*)

Sumber: ANTARA


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH