Presiden Turki Erdogan Puji Ozil Patriotik Mundur dari Timnas Jerman Mesut Ozil (Zimbio)

MerahPutih.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memuji bintang sepak bola keturunan Turki Mesut Ozil, setelah keputusannya untuk mundur dari tim nasional Jerman karena mendapat serangan rasis dari publik dan persatuan sepak bola negara peraih 4 gelar juara dunia itu.

“Tadi malam, saya berbicara dengan Mesut. Sikapnya dalam pernyataan itu sungguh patriotik,” kata Erdogan, yang dikutip Antara dari perusahaan penyiaran negara TRT Haber, Rabu (25/7).

Menurut Erdogan, langkah Ozil mundur itu wajar dan pemain Arsenal yang turut membantu Tim Panzer meraih gelar Juara Piala Dunia 2014 ini tidak pantas mendapat perlakukan rasis dari publik Jerman.

"Mustahil bisa menerima sikap rasial semacam ini terhadap seorang pemuda yang berkontribusi besar atas keberhasilan tim nasional Jerman. Ini tidak dapat ditoleransi.”

erdogan
Presiden Turki Tayyip Erdogan (kanan) bersama Ilkay Gundogan (kiri) dan Mesut Ozil (tengah). (AFP/ANTARA)

Keputusan Ozil untuk mundur dari timnas Jerman disampaikan ke publik kemarin lewat akun media sosialnya. Dalam kesempatan itu, dia mengeluarkan pernyataan empat halamannya yang mengandung kata-kata keras memicu kegemparan di Jerman, tetapi dipuji para menteri Turki.

Ozil menghadapi kritik keras selama Piala Dunia, terutama atas foto kontroversial dengan Erdogan pada Mei menjelang pemilihan presiden dan parlemen di Turki. Gelandang serang itu sempat mengkritik bos Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB), sponsor dan media.

Mantan pemain Real Madrid itu menyesalkan tidak adanya dukungan dari presiden DFB Reinhard Grindel. “Di mata Grindel dan para pendukungnya, saya warga negara Jerman ketika kami menang, tetapi saya imigran ketika kami kalah,” tulis kata Ozil. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH