Presiden Tinjau Stok dan Harga Pangan di Pasar Wonokromo Surabaya

Mula AkmalMula Akmal - Minggu, 19 Februari 2023
Presiden Tinjau Stok dan Harga Pangan di Pasar Wonokromo Surabaya
Presiden Joko Widodo meninjau stok dan harga komoditas pangan di Pasar Wonokromo??????? Surabaya, Jawa Timur, Sabtu. (18/2/2023) ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Wonokromo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, guna mengecek stok dan harga bahan pangan, seperti beras, minyak goreng, dan telur.

Menurut Presiden, harga beras di pasaran sudah cukup baik dengan kisaran Rp9.000 per kilogram. Hal itu berarti operasi pasar yang dijalankan Perum Bulog untuk menstabilkan harga beras sudah berjalan.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Sambut Pembukaan IIMS 2023

"Saya ingin mengecek barang yang sangat penting yang namanya beras. Apakah operasi dari Bulog sudah sampai ke warung, ke pasar-pasar. Saya lihat sudah dan harganya baik, tadi Rp 44.000 untuk lima kilo (gram). Artinya, harga di bawah Rp 9.000. Tadi kita lihat semua warung ada semuanya dan melimpah di sini," kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi diterima di Jakarta, Sabtu.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa sejumlah daerah sudah memasuki masa panen raya, yakni pada akhir Februari hingga awal Maret.

Dengan panen tersebut, Presiden berharap stok beras semakin melimpah yang kemudian dapat berpengaruh terhadap harga beras di pasaran.

Kepala Negara memperkirakan luas panen nasional pada Februari 2023 mencapai 1 juta hektare, sedangkan pada Maret mencapai 1,9 juta hektare.

Baca Juga:

Presiden Bank Dunia Mengundurkan Diri

"Kira-kira itu sehingga kalau produksi dari petani, dari panen ada, artinya stok melimpah. Kalau stok melimpah permintaan tetap, artinya harga akan secara otomatis akan turun," kata dia.

Presiden juga meninjau harga bahan pangan lain, seperti minyak goreng dengan harga rata-rata Rp 14.000 per liter. Kemudian, telur dan bawang merah juga turun meskipun tidak signifikan.

Kepala Negara berharap stabilitas harga pangan di daerah dapat terus dipertahankan, sehingga inflasi baik di daerah maupun nasional secara keseluruhan dapat dikendalikan dengan baik.

"Jangan sampai nanti kayak beras, sebulan yang lalu mengerek inflasi yang sangat tinggi di seluruh Tanah Air, bukan hanya di Jawa Timur saja, tapi sekarang sejak lima hari yang lalu karena operasi beras dari Bulog sudah mulai turun, meskipun belum semua daerah," katanya. (*)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Hakim Kasus Ferdy Sambo Dipecat Presiden Jokowi

#Joko Widodo #Presiden #Presiden Joko Widodo #Jajanan Pasar
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan