Presiden Sudan Selatan Pecat Menteri Keuangan dan Pejabat Militer Kamp pengungsi Konyokonyo di Juba, Sudan Selatan, 5 Februari 2018. Foto diambil tanggal 5 Februari 2018. (ANTARA FOTO/REUTERS/Samir Bol)

MerahPutih.com - Presiden Sudan Selatan Salva Kiir memecat Menteri Keuangan dan seorang pejabat tinggi militer yang masuk dalam daftar hitam Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Keputusan itu, yang dibacakan di radio negara pada Senin (13/2) malam, tidak memberikan alasan atas keputusan mengganti Menteri Keuangan Stephen Dhieu Dau dengan Salvatore Garang Mabiordit, yang berasal dari daerah utara, Warrap, tempat asal Kiir. Dau berasal dari Nil Hulu. Demikian dilansir Antara.

Letnan Jenderal Marial Chanuang Yol Mangok dipecat dari jabatannya, Wakil Kepala Angkatan Bersenjata, juga tanpa penjelasan.

Mangok, yang pernah menjadi Kepala Pasukan Pengamanan Kepresidenan Kiir, adalah satu di antara enam jenderal pesaingnya, yang oleh Dewan Keamanan PBB dimasukkan dalam daftar hitam karena "memicu perang yang masih berlangsung dan memberi andil pada bencana kemanusiaan yang menghancurkan", di Sudan Selatan pada 2015.

Sudan Selatan jatuh ke dalam perang saudara pada Desember 2013, ketika sebuah krisis politik memicu pertempuran antara pasukan yang setia kepada Kiir dan pemberontak yang bersekutu dengan mantan wakilnya, Riek Machar.

Ribuan orang terbunuh dan jutaan orang mengungsi dalam konflik yang sering terjadi antar etnis. Beberapa gencatan senjata telah disepakati, kemudian dilanggar.

Perang tersebut juga berdampak buruk pada perekonomian, dengan hasil minyak mentah kurang separuh dari tingkat sebelum perang sebesar 245 ribu barel per hari. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH