Presiden Jokowi Ungkap Kondisi Terkini Wiranto di RSPAD Presiden Jokowi usai menjenguk Menko Polhukam Wiranto di RSPAD, Jakarta pada Kamis (10/10/2019). (Bayu Prasetyo)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo selesai menjenguk Menko Polhukam Wiranto, di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (10/10). Wiranto mengalami luka akibat penusukan terduga teroris di Alun-alun Menes, Pandeglang, Banten, Kamis pagi.

Berbicara setelah keluar menjenguk Wiranto, Jokowi menyebut secara keseluruhan kondisinya cukup baik. Menurut Jokowi, Wiranto dalam keadaan sadar.

Baca Juga:

Ketua MPR Minta Masyarakat Tidak Terprovokasi Atas Kasus Penusukan Wiranto

"Pak Wiranto masih sadar, tapi dalam proses operasi. Ia masih penanganan tim dokter dalam proses operasi. Saya mohon doa restu seluruh masyatakat agar segera Pak Wiranto diberi kesembuhan, kembali pulih," kata Jokowi di RSPAD, Jakarta Pusat.

Jokowi melanjutkan, setelah beberapa saat penusukan itu terjadi, dia langsung memerintahkan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian untuk mengusut para pelaku.

Detik-detik Wiranto nyaris ditusuk orang tak dikenal saat berada di Pandeglang, Banten. Foto: Ist
Detik-detik Wiranto nyaris ditusuk orang tak dikenal saat berada di Pandeglang, Banten. Foto: Ist

"Saya perintahkan kepada Kapolri dan Kabin didukung TNI untuk mengusut tuntas dan menindak tegas terhadap pelaku dan jaringan yang terkait peristiwa tadi siang," kata Jokowi.

Jokowi lantas mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memerangi terorisme.

"Kepada seluruh masyarakat mengajak bersama sama memerangi radikalisme dan terorisme. Hanya dengan upaya kita bersama kita bisa selesaikan," tutup Jokowi.

Baca Juga:

Dokter Temukan 2 Luka Tusukan, Polri Bilang Wiranto Ditusuk Cuma Sekali

Jokowi menjenguk Wiranto mengenakan kemeja putih didampingi Mensesneg Pratikno. Saat pertama kali datang, ia sama sekali tak memberikan keterangan kepada awak media yang sudah menunggunya.

Wiranto sendiri sampai di RSPAD sekitar puku 14.45 dari Pandeglang menggunakan helikopter.

Sementara itu, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin menyampaikan bahwa luka tusukan diperut Wiranto pasca mendapat serangan di Banten tidak mengkhawatirkan.

Staf KSP Ali Mochtar Ngabalin (Foto: antaranews)
Staf KSP Ali Mochtar Ngabalin (Foto: antaranews)

"Baik (kondisi Wiranto). Beliau sadar insyaallah tidak terlalu mengkhawatirkan. Ini masih di UGD tapi kita doakan tidak ada yang mengkhawatirkan dari Pak Wiranto. Lukanya di perut kiri bawah," kata Ngabalin yang turut mendampingi Jokowi di RSPAD.

Seperti diketahui, pasca peristiwa penusukan, Wiranto sempat dirawat dahulu di RSUD Berkah Pandeglang. Setelah itu, Wiranto langsung dibawa ke RSPAD menggunakan helikopter dan mendarat di Lapangan Banteng, kemudian dibawa menggunakan ambulans. (*)

Baca Juga:

Ini Alasan Kapolda Banten Longgarnya Pengamanan Saat Wiranto Ditusuk


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH