Presiden Jokowi Terima Musaf Al-Quran dari Tokoh Konghucu Presiden Jokowi menerima musaf Al Quran saat membuka MTQ Nasional VIII Antar Pondok Pesantren, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/7) sore. (Foto: OJI/Humas)

MerahPutih.com - Presiden Jokowi menerima musaf Al Quran yang disulam dengan tangan selama tiga tahun dari Provinsi Ningxia, Tiongkok dari tokoh Konghucu asal Malaysia, Tan Sri Lee Kim Yew

"Al Quran ini satu juz dalam satu gulungan sepanjang 17 meter. Bacanya dari kanan ke kiri, sehingga ada 30 juz. Total 450 meter disimpan di dua peti yang dibuat dari kayu pilihan," kata Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja sama Antaragama dan Peradaban Din Syamsuddin dalam sambutannya di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/7).

Menurut Din, sebagaimana dilansir Antara, sebelumnya Lee berkehendak untuk memberikan sulaman mushaf itu kepada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz.

Namun, Din mengusulkan Lee memberikannya kepada umat muslim Indonesia sebagai salah satu negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia.

Presiden Jokowi menerima musaf Al Quran saat membuka MTQ Nasional VIII Antar Pondok Pesantren, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (11/7) sore. (Foto: OJI/Humas)

"Jadi ini akan dihadiahkan pada waktunya nanti kepada umat Islam melalui Presiden Jokowi. Beliau memilih Presiden RI untuk menerima Al Quran ini, beliau sampaikan kepada saya, dengan maksud dan niat tulus," ujar Din.

Din menjelaskan pemberian mushaf Al Quran oleh tokoh Konghucu itu merupakan suatu pelajaran bagi perdamaian dan persaudaraan di dunia.

Al Quran sulaman berbahan campuran satin dan sutera diserahkan oleh Lee yang juga menjabat sebagai Ketua Cheng Ho Multiculture Education Trust. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH