Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Tiongkok

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 22 Februari 2023
Presiden Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan Menlu Tiongkok
Presiden RI Joko Widodo (kanan) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri China Qin Gang (tengah) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/2/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI

MerahPutih.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Tiongkok Qin Gang diagendakan mengunjungi Indonesia pada 21-23 Februari 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menlu Qin Gang di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/2).

Menlu RI Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa itu adalah kunjungan resmi pertama Menlu Qin Gang setelah dilantik pada Desember lalu.

Baca Juga:

Tiongkok Jawab Peringatan AS agar Beijing Hentikan Bantuan ke Rusia

"Kunjungan ini adalah kunjungan resmi pertama Menlu Tiongkok ke kawasan kita, dan Jakarta untuk kali ini merupakan tujuan tunggal," kata Retno seusai pertemuan, seperti dikutip Antara.

Menlu Retno mengatakan, Presiden Jokowi menyampaikan kepada Menlu Qin Gang pentingnya peningkatan kerja sama ekonomi yang saling menguntungkan antara Indonesia-Tiongkok.

Terlebih, Menlu Retno mengingatkan bahwa Tiongkok sampai saat ini merupakan mitra dagang terbesar Indonesia dan neraca perdagangan Indonesia-Tiongkok semakin lama kian seimbang.

Presiden Jokowi juga sempat membahas beberapa kerja sama strategis yang perlu ditingkatkan di antara kedua negara bersama Menlu Qin Gang.

Baca Juga:

Menlu Tiongkok Dijadwalkan Kunjungi Indonesia Besok

Beberapa di antaranya adalah penyelesaian proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, pembangunan green industrial park di Kalimantan, pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara, hingga hilirisasi industri yang tengah digencarkan pemerintah Indonesia.

"Menlu Tiongkok menyampaikan komitmennya untuk terus meningkatkan hubungan atau kerja sama ekonomi dengan Indonesia, termasuk untuk memperbesar impor dari Indonesia terutama untuk produk-produk pertanian," papar Retno.

Presiden Jokowi juga sempat menekankan pentingnya Indonesia-Tiongkok mengambil peran sebagai motor perdamaian dan stabilitas di kawasan, mengingat hal itu menjadi prasyarat berlangsungnya pembangunan ekonomi.

Menurut Menlu Retno dalam pertemuan tersebut Menlu Qin Gang juga sempat menyampaikan dukungan Tiongkok bagi Keketuaan Indonesia di ASEAN.

Selain Menlu Retno, dalam pertemuan tersebut Kepala Negara juga turut didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Perang Dunia III Pecah jika Tiongkok-Iran Terlibat Konflik Indonesia-Australia

#Tiongkok #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan