Presiden Jokowi Telah Beri Izin Mahfud MD dan Prabowo Cuti Kampanye

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 28 November 2023
Presiden Jokowi Telah Beri Izin Mahfud MD dan Prabowo Cuti Kampanye
Presiden Joko Widodo saat santap siang bersama tiga capres 2024 di istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (30/10/2023). (ANTARA/HO-Setpres)

MerahPutih.com - Ada dua menteri kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang menjadi peserta Pilpres 2024. Kaduanya yaitu Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang menjadi capres nomor urut 2, dan Menko Polhukam Mahfud MD menjadi cawapres nomor urut 3.

Pasangan capres-cawapres peserta Pemilu 2024 mulai berkampanye pada Selasa, 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sebelum menyapa warga, menteri yang ikut Pilpres harus izin cuti ke Presiden Jokowi.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Jokowi telah memberikan izin kepada menteri aktif Kabinet Indonesia Maju yang menjadi peserta Pilpres 2024 untuk cuti kampanye.

Baca Juga:

Mahfud MD Belum Dapat Izin Cuti Kampanye dari Jokowi

"Presiden, melalui Menteri Sekretaris Negara, telah memberikan persetujuan izin cuti kampanye kepada Bapak Menko Polhukam Mahfud MD untuk berkampanye pada hari Selasa, tanggal 28 November, dan sejumlah tanggal lainnya, sesuai permohonan izin cuti kampanye yang telah disampaikan oleh Menko Polhukam," ujar Ari saat dikonfirmasi, Senin (27/11).

Selain itu, Jokowi juga memberikan izin kepada Prabowo Subianto yang telah mengajukan surat permohonan cuti kampanye sesuai dengan jadwal yang ditetapkan KPU RI.

"Dan Presiden, melalui Mensesneg, telah memberikan persetujuan izin cuti kampanye sesuai dengan permohonan Menhan," ujar Ari Dwipayana.

Baca Juga:

Prabowo Awali Kampanye di Jabodetabek

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi membuka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai yang diikuti tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024.

Tiga pasangan itu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (AMIN) di nomor urut 1; pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming; dan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Pembacaan Deklarasi Kampanye Damai dilakukan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (27/11). Pembacaan naskah itu dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asyri. (Asp)

Baca Juga:

Pasangan AMIN Fokus Kampanyekan Keadilan untuk Masyarakat

#Presiden Jokowi #Pilpres 2024 #Pemilu 2024
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan