Presiden Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Siang Ini

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 07 Juni 2018
Presiden Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Siang Ini
Calon penumpang melihat jadwal keberangkatan pesawat di Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Rabu (6/6). ANTARA FOTO/R. Rekotomo.

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan meresmikan terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, yang juga merupakan bandara terapung di atas air yang pertama di Indonesia pada Kamis (7/6) siang WIB

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin dalam siaran persnya mengatakan sebelum bertolak ke Semarang, Presiden Jokowi yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan melanjutkan agenda kunjungannya di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

“Presiden Joko Widodo akan menghadiri acara Peresmian Program Kewirausahaan dan Digitalisasi Sistem Pertanian, di Sentra Pengolahan Beras Terpadu (SPBT) yang ada di Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu,” kata Bey

Petugas melakukan pemeriksaan badan dan barang calon penumpang pesawat, di Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Rabu (6/6). ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Selain itu, menurut Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Setpres itu, Kepala Negara juga dijadwalkan mengunjungi Pondok Pesantren Darul Ma’arif di Desa Kaplongan, untuk bersilaturahmi dengan para ulama, santri, dan masyarakat sekitar.

Setelah itu, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Kota Semarang, melalui Bandar Udara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Tampung 7 Juta Penumpang

Mengenai terminal baru Bandara Internasional Ahmad Yani, Semarang, Bey Manchmudin mengemukakan, bahwa pengembangan bandara tersebut juga termasuk dalam program Percepatan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang tertuang dalam Peraturan Presiden No 58 Tahun 2017.

Terminal baru Bandara Ahmad Yani memiliki luas area 58.652 meter persegi atau hampir sembilan kali lebih besar dibanding luasan terminal bandara lama yang hanya 6.708 meter persegi.

“Setelah selesai dibangun, terminal baru akan mampu menampung sebanyak 7 juta penumpang per tahun atau 19 ribu penumpang setiap harinya. Sedangkan kapasitas terminal lama hanya 800 ribu penumpang per tahun,” ungkap Bey.

Calon penumpang pesawat berada di ruang "check in" atau ruang konfirmasi calon penumpang pesawat, di Terminal Baru Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Rabu (6/6). ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Selain itu, dalam terminal baru tersebut juga dilengkapi tiga unit garbarata serta 30 unit counter check-in untuk mempercepat pelayanan kepada penumpang maskapai.

Sedangkan untuk luasan apron terminal baru mencapai 72.522 meter persegi sehingga mampu menampung 12 pesawat berbadan ramping (narrow body) atau konfigurasi sepuluh pesawat narrow body dan dua pesawat berbadan lebar (wide body) kargo.

Usai peresmian Terminal Bru Bandara Ahmad Yani, lanjut Bey, Presiden beserta rombongan direncanakan akan langsung kembali ke Jakarta pada petang hari dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. (*)

#Bandara Ahmad Yani #Presiden Jokowi #Kota Semarang
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan