Presiden Jokowi Perintahkan Panglima TNI dan Kapolri Tangani Wabah Papua

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Selasa, 23 Januari 2018
Presiden Jokowi Perintahkan Panglima TNI dan Kapolri Tangani Wabah Papua
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo meminta Panglima TNI dan Kapolri untuk menangani permasalahan wabah penyakit yang terjadi di Papua.

"Bapak Presiden memerintahkan segera kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk menangani permasalahan wabah penyakit yang ada di Papua, dan kita teruskan apa yang diperintahkan dengan membentuk satuan tugas TNI-Polri untuk menangani permasalahan yang sedang terjadi," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Jakarta, Selasa (23/1).

Panglima TNI mengemukakan itu, setelah acara Pengarahan Presiden Joko Widodo kepada Pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di Aula Gedung Gatot Soebroto, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur

Pada kesempatan tersebut, Presiden memberikan dua pesan yakni agar TNI-Polri tetap menjaga terjalinnya soliditas antara lembaga itu. "Pesan kedua yakni penyelesaian masalah wabah penyakit di Papua oleh TNI-Polri," katanya.

Untuk itu, kata Hadi, TNI dan Polri akan membentuk satuan tugas bersama yang melaksanakan tugas selama periode tahun ini.

"Dan satgas ini yang melaksanakan tugas sepanjang tahun dari selama satu tahun selama periode tahun ini," ujarnya.

Satgas yang dimaksud akan melaksanakan tugas di antaranya penerjunan tenaga medis, termasuk dokter spesialis yang dianggap rawan terhadap penyakit didukung dengan logistik dan obat-obatan.

"Dan yang paling utama adalah kita akan terbangkan dokter terbang pada wilayah apakah terjangkit penyakit atau tidak akan didatangi secara periodik dengan tenaga-tenaga dokter dan medis lain," tuturnya.

Selanjutnya satgas d i bawah koordinasi TNI-Polri akan segera dikonkretkan secara teknis sehingga bisa segera diterjunkan ke lapangan.

"Apa yang disampaikan oleh bapak Presiden tadi supaya jelas dan kami akan siap melaksanakan tugas sesuai dengan perintah beliau" katanya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat memberikan keterangan pers didampingi oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian. (*)

#Presiden Joko Widodo #Panglima TNI #Hadi Tjahjanto #Kapolri #Tito Karnavian #Papua
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan