Presiden Jokowi Pantau Proyek Strategis di Kalimantan Timur

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 12 Juli 2017
Presiden Jokowi Pantau Proyek Strategis di Kalimantan Timur
Presiden Jokowi membagi-bagikan buku untuk anak-anak Kota Solo. (Biro Pers Setpres)

Presiden RI Joko Widodo akan meninjau sejumlah proyek strategis seperti Bendung Teritip, jalan tol, kawasan industri Bulumuning, dan Jembatan Pulau Balang, di Kalimantan Timur, pada Kamis (13/7).

"Kami terima kasih kepada presiden karena besok (Kamis) akan kembali mengunjungi Kaltim. Kemarin saya mendapat telepon bahwa pak presiden mendadak akan ke Kaltim guna meninjau sejumlah proyek strategis nasional," kata Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak di Samarinda, Rabu (12/7).

Menurut dia, presiden akan berada di Kaltim selama dua hari, yakni datang pada 13 Juli dan bermalam di Balikpapan. Kemudian, keesokan harinya akan melakukan peninjauan sekaligus melakukan pertemuan baik dengan menteri maupun dengan gubernur dan bupati/wali kota se-Kalimantan.

Beberapa proyek strategis yang akan ditinjau presiden adalah Bendung Teritip Balikpapan. Pembangunan bendungan yang didukung penuh oleh APBN tersebut ditarget tuntas tahun ini dan diyakini dapat beroperasi mulai 2018.

Menurut Awang, keberadaan Bendung Teritip sangat strategis bagi warga setempat, karena selain untuk memasok kebutuhan air bersih yang dibutuhkan warga juga untuk mendukung pengembangan pertanian melalui irigasi.

Proyek lain yang ditinjau adalah Jembatan Pulau Balang yang akan menghubungkan antara Balikpapan dan Penajam, sehingga aktivitas ekonomi dan lalu lintas lain akan lebih cepat jika jembatan ini rampung.

Pekerjaan bentang pendek jembatan yang dananya dari APBD Kaltim sudah selesai, sehingga saat ini tinggal melanjutkan untuk bentang panjang yang anggarannya dari APBN.

"Bentang pendek Jembatan Pulau Balang sudah selesai. Jadi, besok akan saya tunjukkan kepada pak presiden bahwa untuk pembangunan Bentang Panjang masih perlu dukungan dari APBN," kata Awang.

Sumber: ANTARA

#Presiden Jokowi #Kalimantan Timur
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan