Presiden Jokowi Lantik Khofifah-Emil dan Pengganti Zumi Zola Sore Ini Pasangan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan)-Emil Dardak (kedua kanan). ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

MerahPutih.com - Presiden Jokowi akan melantik pasangan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak pada Rabu (13/2) sore WIB.

Berdasarkan jadwal resmi Presiden, proses pelantikan akan diselenggarakan pukul 15.15 WIB di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Khofifah dan Emil Dardak
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (tengah)-Emil Dardak (kanan). (ANTARA/Aprilio Akbar)

Khofifah-Emil menjadi pemenang pada Pilgub Jawa Timur 2018. Pasangan yang didukung enam partai politik tersebut mendapatkan 10,465,218 suara atau 43,55 persen. Sedangkan, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno meraih 9,076,014 atau 46.45 persen.

Selain Khofifah-Emil, Kepala Negara juga akan melantik Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi menggantikan posisi Zumi Zola yang sudah diberhentikan oleh Jokowi karena tersangkut kasus korupsi.

Gubernur Jambi Fachrori Umar memimpin apel pagi awal tahun 2019, Rabu (2/1). (Foto/Humas Prov)
Gubernur Jambi Fachrori Umar memimpin apel pagi awal tahun 2019, Rabu (2/1). (Foto/Humas Prov)

Zumi dinyatakan bersalah karena menyuap 53 anggota DPRD Provinsi Jambi dan anggota dean senilai total Rp 16,34 miliar. Kasus mantan artis sinetron itu pun sudah berkekuatan hukum tetap. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH