Presiden Jokowi Lantik Enam Menteri dan Lima Wakil Menteri

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 23 Desember 2020
Presiden Jokowi Lantik Enam Menteri dan Lima Wakil Menteri
Pelantikan menteri dan wakil menteri sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12). Foto: Sekretariat Presiden

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik enam menteri baru di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12). Enam menteri baru ini merupakan hasil perombakan kabinet yang dilakukan Kepala Negara pada Selasa (22/12).

Keenam pembantu Jokowi itu yakni Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, Sandiaga Uno didapuk menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Yaqut Cholil Quomas jadi Menteri Agama.

Baca Juga

Jokowi Pilih Menkes Bukan Dokter, Potensi Kisruh Internal Tinggi

Kemudian, Budi Gunadi Sadikin ditugaskan menjadi Menteri Kesehatan, Sakti Wahyu Trenggono ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dan Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial.

Selain itu, Jokowi melantik lima orang wakil menteri, yaitu Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan; Edward Omar Sharif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia; Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan.

Selanjutnya, Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian; Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara.

Pelantikan menteri dan wakil menteri (wamen) sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12). Foto: Sekretariat Presiden
Pelantikan menteri dan wakil menteri (wamen) sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (23/12). Foto: Sekretariat Presiden

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden No 76/M tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 tertanggal 23 Desember 2020.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian sumpah jabatan dibacakan Presiden Joko Widodo dan diikuti para menteri dan wakil menteri.

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," demikian sumpah tersebut diucapkan.

Hadir dalam pelantikan tersebut antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator bidang Pembangungan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan tamu undangan dalam jumlah terbatas lainnya. (Knu)

Baca Juga

Pilih Menkes Bukan Dokter, Jokowi Dinilai Lakukan Langkah Extra Ordinary

#Reshuffle Kabinet #Jokowi #Presiden Jokowi #Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan