Presiden Jokowi: Korban Selamat Tsunami Ingin Direlokasi

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 02 Januari 2019
Presiden Jokowi: Korban Selamat Tsunami Ingin Direlokasi
Presiden Jokowi berdialog dengan warga terdampak tsunami Selat Sunda, di Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang. (Foto: Setpres)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi korban tsunami Selat Sunda di di Lapangan Tenis Indoor Kalianda di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang.

Dalam pertemuan itu, Kepala Negara menuturkan bahwa para korban ingin direlokasi ke tempat yang lebih aman dan enggan kembali menempati kediamannya di pinggir pantai.

"Tadi sudah saya tanyakan kepada masyarakat Sebesi, intinya mereka juga ingin direlokasi agak naik. Sudah tidak berani lagi di bibir pantai. Semuanya," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi berdialog dengan pengungsi korban terdampak tsunami di Kalianda, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang. (Foto: Setpres)

Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan bahwa relokasi akan tetap berada di Pulau yang sama. "Tetap di pulau itu, tapi lebih atas," katanya.

Sejauh ini sebanyak 2.514 warga Pulau Sebesi telah dievakuasi meninggalkan rumah mereka ke Posko Pengungsian di Kalianda, Lampung Selatan, menyusul tsunami Selat Sunda yang menerjang tempat tinggal mereka pada Sabtu, 22 Desember 2018 lalu.

Hal serupa, kata dia, sebagaimana dilansir Antara, juga didengarnya langsung dari masyarakat Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Mereka yang selamat dari bencana Tsunami Selat Sunda dan tinggal di bibir pantai sebagian besar menginginkan relokasi bagi tempat tinggal mereka.

"Tadi yang di Way Muli juga sama. Ada satu-dualah yang masih ingin di pinggir, tapi hampir 90 persen minta agar direlokasi ke tempat yang lebih di atas," katanya.

Presiden Jokowi berdialog dengan warga terdampak tsunami Selat Sunda, di Rajabasa, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (2/1) siang. (Foto: Setpres)

Presiden telah memerintahkan jajarannya untuk membangun permukiman, misalnya yang telah disiapkan di Way Muli sekitar 400 meter dari bibir pantai seluas 2 hektare.

Ia juga berjanji bahwa Pemerintah akan memastikan penanganan pasca-bencana akan dilakukan dengan baik.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat, di antaranya Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. (*)

#Tsunami Selat Sunda #Bandar Lampung #Provinsi Lampung #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan