Presiden Jokowi Disambut Lagu "Ojo Dibandingke" saat Tiba di Kamboja

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 10 November 2022
Presiden Jokowi Disambut Lagu
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Phnom Penh, Kamboja pada Rabu (9/11/2022). (ANTARA/Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan rombongan tiba di Bandara Internasional Phnom Penh, Kamboja sekitar pukul 19.30 waktu setempat, Rabu (9/11).

Tampak menyambut Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di bawah tangga pesawat, Menteri Pos dan Telekomunikasi Kamboja Vandeth Chea, Duta Besar LBBP RI untuk Kamboja Sudirman Haseng beserta istri, dan Atase Pertahanan RI di Phnom Penh Mochammad Rizal beserta istri.

Dari Bandara Internasional Phnom Penh, Jokowi beserta delegasi lainnya kemudian menuju hotel tempatnya bermalam.

Baca Juga:

Jokowi Resmikan Gedung VVIP Bandara Ngurah Rai dan 3 Pelabuhan di Bali

Setibanya di hotel tempatnya bermalam, tampak menyambut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan perwakilan staf KBRI Phnom Penh.

Presiden dan Iriana juga disambut atraksi musik angklung yang dimainkan oleh 15 anak warga negara Indonesia (WNI) yang membawakan lagu “Ojo Dibandingke” dan “Gundul Pacul”.

Presiden Jokowi mengawali agenda kerjanya di Phnom Penh, Kamboja, dengan mengunjungi Istana Kerajaan Kamboja, Kamis (10/11).

Di sana, Jokowi akan melakukan audiensi secara tertutup dengan Raja Kamboja, Yang Mulia Norodom Sihamoni.

Setelahnya, Jokowi akan menuju Sokha Phnom Penh Hotel untuk menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA).

Di lokasi tersebut, Presiden juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden Asian Development Bank (ADB).

Baca Juga:

Presiden Jokowi Bertolak ke Kamboja untuk Hadiri KTT ASEAN

Selanjutnya, Jokowi akan mengikuti pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan pemuda ASEAN.

Agenda kemudian akan dilanjutkan dengan pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan dari ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Pada petang harinya, Presiden Jokowi diagendakan untuk mengikuti Pertemuan Tingkat Tinggi Para Pemimpin Indonesia, Malaysia, dan Thailand dalam KTT Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

Selepas itu, Presiden akan menuju Hotel Sofitel untuk kemudian melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya akan dilakukan pada 10-13 November 2022.

“Total pertemuan dan kegiatan yang akan dihadiri oleh Presiden lebih dari 20, ditambah empat pertemuan bilateral, yaitu dengan Perdana Menteri Singapura, Presiden Dewan Eropa, Sekjen PBB, dan Presiden Asian Development Bank,” ujar Retno.

Menurut dia, KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 akan dilakukan dalam bentuk plenary dan retreat. Pada sesi pleno, KTT akan membahas mengenai penguatan kapasitas institusi dan efektivitas ASEAN.

“Sementara untuk retreat, terdapat dua isu besar yang akan dibahas, yaitu hubungan ASEAN dengan pihak luar, tentunya termasuk tantangan eksternal yang dihadapi oleh ASEAN, dan masalah Myanmar,” tandasnya. (Knu)

Baca Juga:

PDIP Sebut Pernyataan Jokowi Soal Pilpres 2024 Jatah Prabowo Sebatas Pujian

#Breaking #Presiden Jokowi #Kamboja
Bagikan
Bagikan