Presiden Jokowi Dinobatkan Sebagai Raja Masyarakat Adat Rote Ndao Presiden Jokowi mengenakan pakaian kebesaran Maneleo Rote Ndao (Foto: MP/Naldy)

MerahPutih.Com - Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur berbuah penobatan oleh masyarakat adat setempat. Presiden Jokowi dinobatkan sebagai Maneleo atau Raja oleh para tetua dan bangsawan Rote Ndao.

Penobatan Jokowi sebagai Maneleo berlangsung Senin (8/1) kemarin. Maneleo merupakan gelar terhormat untuk bangsawan Rote Ndao, ditandai dengan pemakaian topi khas kebesaran masyarakat Rote Ndao.

Jokowi mengenakan topi Ti'i Langga dan sejumlah asesoris serta pakaian adat Rote Ndao oleh Bupati Rote Ndao Leonard Haning di ruang VIP Bandara DC. Saudale sesaat setelah Presiden dan rombongan tiba.

Tak hanya Jokowi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo pun mendapat penghargaan sebagai pendamping raja yakni Ratu dengan dipakaiakannya "bula molik" di kepala dan sejumlah asesoris serta kain dan sarung adat Rote Ndao oleh istri Bupati, Ny. Paulina Haning Bulu.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam pakaian kebesaran masyarakat adat Rote Ndao

Proses penyambutan Presiden Jokowi dan rombongan dilanjutkan dengan tuturan adat oleh salah satu tokoh adat penyair, Anderias Ruy. Dalam tuturan adatnya, Anderias Ruy mengucapkan terimakasih kepada Presiden dan Ibu Iriana yang telah mengunjungi Kabupaten terselatan NKRI tersebut.

Menurutnya suatu kebanggaan bagi dirinya dan seluruh masyarakat Rote Ndao, bahwa hari itu menjadi catatan sejarah, dimana sejak Indonesia merdeka, tidak pernah ada satu pun orang nomor satu di Republik ini menginjakan kaki di Rote Ndao. Namun hari ini, tercatat dan akan menjadi cerita generasi hingga dunia ini kiamat, bahwa Presiden RI ke 7 yakni Bapak Joko Widodo dan ibu telah datang dan menginkakan kaki di wilayah titik nol selatan NKRI.

Usai penuturan adat, Presiden dijemput oleh 75 Maneleo yakni 50 Maneleo dari Kecamatan Rote Timur dan 25 Maneleo dari Kecamatan Lobalain.

Untuk diketahui Presiden dan rombongan tiba di Bandara DC. Saudale, Senin (8/1) sekitar pukul 16.40 Wita menggunakan pesawat Kepresidenan. Presiden Jokowi disambut Bupati Rote Ndao Leonard Haning didampingi istri Ny. Paulina Haning Bulu, Kapolres Rote Ndao, Muri Miranda, Dandim Letkol Arh Budiono, Danlanal Pulau Rote, Letkol Laut (P) Lukman Haris.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Naldy, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Kupang dan sekitarnya.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH