Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT UE-ASEAN di Belgia

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 09 Desember 2022
Presiden Jokowi Dijadwalkan Hadiri KTT UE-ASEAN di Belgia
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato saat upacara penutupan KTT ke-40 dan ke-41 ASEAN serta KTT terkait lainnya di Hotel Sokha, Phnom Penh, Kamboja, Minggu (13/11). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menghadiri UE-ASEAN Commemorative Summit di Brussel, Belgia, pada Rabu (14/12).

"Iya benar," ucap Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin di Jakarta, Jumat (9/12).

Baca Juga

Jokowi Sebut Korupsi Pangkal Masalah Pembangunan

UE-ASEAN Commemorative Summit merupakan KTT pertama antara para pemimpin Uni Eropa (UE) dan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk menandai 45 tahun hubungan diplomatik kedua organisasi pemerintahan tersebut.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Ketua ASEAN 2022 Perdana Menteri (PM) Kamboja Hun Sen diagendakan memimpin bersama dalam KTT UE-ASEAN di Brussel.

Baca Juga

Jokowi Libatkan TNI-Polri Bangun Rumah Warga Korban Gempa Cianjur yang Rusak

KTT tersebut merupakan kesempatan untuk menegaskan kembali komitmen Uni Eropa dan negara-negara anggotanya terhadap kemitraan strategis UE-ASEAN.

Selain itu, KTT tersebut juga akan menawarkan forum politik bagi UE dan ASEAN untuk menunjukkan komitmen bersama terhadap tatanan internasional berbasis aturan, penghormatan terhadap hukum internasional, dan promosi multilateralisme yang efektif. Para pemimpin diharapkan mengeluarkan pernyataan bersama di akhir KTT.

Sementara itu, Jumat, Jokowi masih menggelar acara rangkaian prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Surakarta, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, hingga Minggu (12/12). (*)

Baca Juga

Jokowi Buka Bleketepe Penanda Dimulainya Siraman Kaesang

#Presiden Joko Widodo #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan