Presiden Jokowi dan PM Lee Bahas Implementasi Lima Butir Konsensus ASEAN untuk Myanmar

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 25 Januari 2022
Presiden Jokowi dan PM Lee Bahas Implementasi Lima Butir Konsensus ASEAN untuk Myanmar
Presiden Jokowi berbincang dengan PM Singapura Lee Hsien Loong di The Sanchaya Resort Bintan, Kepri, Selasa (25/1). Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (25/1).

Dalam pertemuan itu, kedua pemimpin negara membahas sejumlah isu bilateral, termasuk isu di kawasan ASEAN, terutama perkembangan terkini di Myanmar.

Baca Juga

Koruptor hingga Bandar Narkoba Tak Bisa Lagi Sembunyi di Singapura

“Kita sangat prihatin melihat perkembangan situasi di Myanmar. Indonesia dan Singapura memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya pelaksanaan Five-Point Consensus,” kata Jokowi.

Kepala Negara pun mendorong semua pihak untuk menghormati konsensus yang sudah diambil oleh negara-negara ASEAN tersebut.

“Konsensus ini merupakan keputusan ASEAN pada tingkat tinggi dan harus dihormati oleh semua,” katanya

Baca Juga

Indonesia-Singapura Teken Perjanjian Ekstradisi, Pelaku Kejahatan Diyakini Gentar

Lebih lanjut, bekas Wali Kota Solo ini juga menekankan agar tidak ada diskriminasi dalam pemberian bantuan kemanusiaan bagi Myanmar.

“Kita juga sepakat bahwa keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar terus menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, bantuan kemanusiaan perlu terus didorong dan diberikan tanpa diskriminasi,” katanya.

Dalam pertemuan, Presiden Jokowi juga menekankan mengenai pentingnya penguatan kelembagaan ASEAN agar lebih tangguh dan mampu merespons berbagai tantangan baru di masa mendatang.

“Indonesia dan Singapura memiliki kesamaan pandangan mengenai pentingnya memperkuat kesatuan, cara kerja, dan kelembagaan ASEAN, agar ASEAN siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” tandasnya. (Asp)

Baca Juga

Percepat Pulihkan Ekonomi, Indonesia Pererat Kerja Sama dengan Singapura

#Presiden Jokowi #Perdana Menteri Singapura
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan