Presiden Jokowi Bertolak ke Kamboja untuk Hadiri KTT ASEAN

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 09 November 2022
Presiden Jokowi Bertolak ke Kamboja untuk Hadiri KTT ASEAN
Presiden Jokowi menyampaikan keterangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai sebelum bertolak menuju Kamboja untuk menghadiri KTT ASEAN, Rabu (9/11). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr.

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Kamboja, guna menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya pada 10—13 November 2022.

Pesawat kepresidenan Indonesia-1 yang membawa rombongan Kepala Negara lepas landas dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (9/11), sekitar pukul 17.00 WITA.

Baca Juga

PDIP Sebut Pernyataan Jokowi Soal Pilpres 2024 Jatah Prabowo Sebatas Pujian

"Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya hingga 13 November 2022. Jumlah pertemuan yang harus saya hadiri cukup banyak, yaitu lebih dari 20 pertemuan," ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan bahwa salah satu fokus Indonesia dalam KTT ASEAN adalah mengenai keketuaan Indonesia di ASEAN pada tahun depan. Menurut Presiden, pada keketuaan ASEAN 2023, Indonesia akan mengusung tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

"Intinya Indonesia menginginkan agar ASEAN tetap penting dan relevan atau matters dan Indonesia juga menginginkan Asia Tenggara tetap menjadi epicentrum of growth. Ini bukan tugas yang mudah, tantangan dunia masih akan sangat besar pada tahun 2023. Selain itu, ASEAN juga hadapi tantangan internal, yaitu situasi di Myanmar," ujarnya.

Baca Juga

Jokowi Sebut Pilpres Jatah Prabowo, NasDem: Suara Rakyatlah yang Menentukan

Selepas mengikuti rangkaian pertemuan KTT di Phnom Penh, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan kembali ke Tanah Air pada Minggu 13 November 2022. Selanjutnya, Presiden akan mengikuti rangkaian KTT G20 di Bali.

"Saya akan tiba di Bali, insyaallah, pada tanggal 13 November malam dan langsung melakukan kegiatan terkait dengan G20," tambah Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Phnom Penh, yakni Menteri Sekretaris Negara, Kepala Protokol Negara Andi Rachmianto, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Sudjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berangkat terlebih dahulu ke Phnom Penh untuk menyiapkan kedatangan Presiden Jokowi. (Knu)

Baca Juga

Pernyataan Jokowi Pilpres 2024 Jatahnya Prabowo Strategi Tahan Suara Anies

#KTT ASEAN #Presiden Jokowi
Bagikan
Bagikan