Presiden Jokowi Berharap Wartawan Dalami Materi Penulisan Berita Presiden Jokowi menyerahkan kartu Indonesia pintar (KIP) kepada pelajar di Sitiung, Kab.Dharmasraya, Sumatera Barat (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

MerahPutih.Com - Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) Jumat (9/2) besok, Presiden Jokowi memberikan wejangan khusus kepada para wartawan dan awak media.

Khususnya dalam penyampaian berita, Presiden Jokowi berharap para wartawan lebih mendalami materi dalam penulisan berita.

"Kemudian berita-berita yang bermanfaat, yang memberikan pencerahan kepada masyarakat, yang memberikan optimisme kepada masyarakat, yang membangkitkan harapan ke depan kepada masyarakat," kata Presiden Jokowi usai menyerahkan sertifikat tanah kepada ahli waris pionir pers Indonesia Djamaluddin Adinegoro di Sawahlunto pada Kamis (8/2).

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi dalam kaitan berita yang membangun. Menurut Presiden, insan pers perlu mempelajari lebih jauh tentang nilai-nilai jurnalistik yang ditinggalkan oleh Adinegoro dalam tulisannya.

"Saya kira pembelajaran-pembelajaran yang beliau sampaikan nanti bisa dilihat dalam buku-bukunya. Pendalaman materi yang sangat tajam sekali," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi mengatakan ia juga penggemar buku Djamaluddin Adinegoro. Sejumlah karya pun disebutkan oleh Presiden yaitu "Darah Muda", "Asmara Jaya", dan "Melawat ke Barat".

Adinegoro juga merupakan pembuat atlas Indonesia pertama yang berbahasa Indonesia, tambah Jokowi.

Menurut catatan wartawan senior Rosihan Anwar kekhasan tulisan Adinegoro terletak cara beliau menyampaikan detail dengan perbandingan yang mudah dipahami pembacanya. Seperti dalam buku “Melawat ke Barat” Adinegoro menggambarkan jarak antara London dengan sebuah kota di Inggris seperti jarak dari Bukittinggi ke Sawahlunto.

Presiden Jokowi pada Jumat (9/2) berencana menghadiri peringatan Hari Pers Nasional di Padang, Sumatera Barat.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH