Presiden Jokowi Akan Resmikan SUGBK Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (11/1/2018). (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

MerahPutih.com - Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), di Senayan, Jakarta, telah dinyatakan selesai 100 persen. Rencananya, SUGBK akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu (14/1) mendatang dilanjutkan dengan laga tim nasional Indonesia melawan Islandia.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sri Hartoyo menyebut renovasi Stadion Utama GBK dilakukan sejak 2016 lalu. Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo, SUGBK akan digunakan timnas Indonesia menjamu Islandia.

"Pertandingan persahabatan internasional ini sekaligus menjadi kesempatan untuk menguji stadion yang akan digunakan untuk Asian Games 2018," ujar Sri Hartoyo dalam konferensi pers yang digelar di ruang media SUGBK, Jakarta, Jumat (12/1) seperti dikutip Antara.

SUGBK yang mulai dibangun pada Februari 1960 tersebut sudah dilengkapi dengan rangkaian perlengkapan yang canggih dan modern. Misalkan, rumput lapangan menggunakan jenis zoysia matrella yang dianggap terbaik untuk lapangan sepak bola. Untuk mengantisipasi genangan air akibat hujan, sistem saluran air atau drainase diperpendek jaraknya dari tujuh meter antar-saluran menjadi hanya empat meter.

SUGBK memiliki kapasitas 73.479 penonton, dengan rincian 132 kursi untuk penyandang disabilitas, media 595 unit, VIP 1.725 unit, dan VVIP 221 unit.

Khusus untuk presiden dan tamu negara disediakan ruang presidensial yang dilengkapi kaca tahan peluru. SUGBK pun kini dilengkapi dengan lampu "light emitting diode" (LED) berdaya pancar hingga 3.500 lux. Dari segi keamanan, SUGBK diklaim sudah memenuhi standar FIFA.

Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha PPKGBK Gatot Tetuko menjamin lampu tidak akan mati saat pertandingan berlangsung. Menurut Gatot, stadion ini dilengkapi generator untuk mengantisipasi lampu mati saat pertandingan.

"Kami punya generator penyokong berdaya listrik kuat," kata Gatot.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyambut baik semua dukungan pemerintah dan pihak GBK untuk laga timnas Indonesia melawan Islandia.

Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria pun berjanji akan melakukan yang terbaik demi kelancaran dan keamanan pertandingan.

"Kami berharap bisa menjawab kepercayaan dari pemerintah," kata Ratu. (*)



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH