Presiden Jokowi akan Hadiri Paskah di Samosir Presiden Jokowi nikmati touring naik chopper. (foto: Twitter @jihadnkri)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri acara Paskah tingkat nasional yang digelar di Pusat Informasi Geopark Kaldera Danau Toba Sigulati, Samosir, Sumatera Utara, 27 April 2018.

"Persiapan acara di lokasi itu sudah dan terus dilakukan. Dewasa ini, sedang dibenahi lagi jalan masuk dan sejumlah fasilitas pendukung," ujar Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah di Medan

Jalan sepanjang 2 kilometer menuju lokasi acara dinilai masih harus dibenahi lagi. Nurhajizah yang menjadi Ketua Umum Panitia Paskah Nasional itu mengaku sudah beberapa kali meninjau lokasi tersebut dan terakhir dilakukan Sabtu,7 April.

Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah dan Presiden Jokowi. Foto: Ist

Menurut dia, agar acara tersebut berjalan lancar dan aman, panitia masih terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait termasuk pemerintah pusat.

"Masih akan saya tinjau lagi nanti untuk memastikan bahwa semua terkait untuk acara Paskah Nasional sudah beres," ujar Nurhajizah seperti dikutip Antara.

Nurhajizah mengakui, selain pembukaan, Presiden juga dijadwalkan mengikuti penutupan Paskah Nasional itu pada 28 April.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyebutkan sebagai tuan rumah dan panitia lokal, pihaknya berupaya maksimal agar acara Paskah Nasional 2018 berlangsung sukses.

Presiden Jokowi. Foto: Setpres

"Suatu kebanggaan, Samosir dipercaya sebagai tuan rumah Paskah Nasional 2018 sehingga semua hal untuk kepentingan kelancaran dan keamanan kegiatan itu dimaksimalkan diadakan," katanya.

Dia menjelaskan, rangkaian acara Paskah Nasional itu antara lain meliputi perjalanan Obor Paskah dimulai di Padangsidempuan 12-13 April, 14-15 April 2018 di Tarutung.

Kemudian 16 April 2018 di Dolok Sanggul dan 17 April 2018 di Salak hingga 26-27 April 2018 di Sigulati serta terakhir tanggal 28 April 2018 di Balige.

"Pemkab Samosir akan menyambut Obor Paskah yang tiba di Kabupaten Samosir dengan tor-tor terpanjang dan akan memecahkan rekor Muri," ujarnya.

Lokasi acara di Sigulati yang dulunya merupakan Perkampungan Raja Batak bisa menampung sekitar 5.000-7.000 orang.

"Acara Paskah Nasional di Samosir diharapkan memiliki dampak positif untuk promosi Kaldera Toba," kata Rapidin Simbolon.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH