Presiden IOC: Peluang Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032 Sangat Besar

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Minggu, 02 September 2018
Presiden IOC: Peluang Indonesia Tuan Rumah Olimpiade 2032 Sangat Besar
Presiden Jokowi berfoto bersama Ketua IOC dan OCA usai memberikan keterangan pers Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (1/9) (setkab,go,id)

MerahPutih.com - Presiden Komite Olimpiade Internasional IOC Thomas Bach menyatakan Indonesia memiliki posisi dan peluang yang bagus untuk menggelar pesta akbar olahraga Olimpiade.

"Dengan kesuksesan Asian Games, kalian telah membuktikan bahwa kalian bisa melakukannya," kata Bach dalam sesi jumpa pers di Media Center Asian Games 2018, JCC, Jakarta, Minggu (2/9).

Bach memberikan pujian positif terhadap kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang sebagai modal bagus bagi Indonesia untuk menggelar pesta olahraga yang lebih besar lagi seperti Olimpiade.

pembuaa
Kemeriahan pembukaan Asian Games 2018 masih jadi topik hangat di medsos. (foto: MP/Rizki Fitrianto)

Bahkan, Bach mengaku awalnya sempat ragu Indonesia menggelar Asian Games karena waktu persiapan yang minim. Asian Games harusnya digelar tahun depan, tetapi Indonesia mengajukan waktunya dipercepat karena tahun 2019 menggelar Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif.

Menurut Bach, semangat dan antusian masyarakat Indonesia untuk menggelar ajang olahraga tingkat dunia sangat luar biasa. "Saya telah berbicara kepada banyak orang dan semuanya gembira. Itu lah kenapa saya sangat yakin jika menggelar Olimpidae di sini pada 2032, semangat Olimpiade akan sangat hidup," tutur dia.

Alasan lain yang menjadi keunggulan Indonesia sebagai salah satu negara yang mencalonkan diri untuk menggelar Olimpiade 2032 adalah usianya yang masih muda.

Banyak yang belum move on dari kemegahan pembukaan AG 2018. (foto: MP/Rizki Fitrianto)

Sebagai negara yang belum genap satu abad merdeka, Indonesia dipandang memiliki generasi muda yang bersemangat dan banyak ruang untuk berkembang.

"Dengan kaum muda kalian, kalian memiliki posisi yang bagus. Dan menjawab pertanyaan kamu, iya, saya kira Indonesia akan memiliki peluang yang bagus," kata Bach, dikutip Antara.

Sebelumnya pada Sabtu, Bach menemui Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Pada kesempatan itu, Presiden menyatakan di depan Bach bahwa Indonesia siap untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade musim panas 2032, yang mendapat tanggapan positif dari Bach dan Presiden Dewan Olimpiade Asia Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah. (*)

#Asian Games 2018 #Olimpiade
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan