Presiden Erdogan Sebut Milisi Kurdi Tembak Helikopter Turki  Presiden Turki Tayyip Erdogan berbicara di Istana Kepresidenan di Ankara, Turki (ANTARA FOTO/Yasin Bulbul/Presidential Palace/Handout via REUTERS)

MerahPutih.Com - Krisis Suriah melibatkan Turki dalam kancah pertempuran yang sengit. Perlawanan milisi Kurdi di Suriah terus meningkat, sehingga Turki mengerahkan pasukannya ke wilayah perbatasan. Puncak perlawanan itu, satu helikopter militer Turki ditembak jatuh oleh para milisi Kurdi di dekat kota Afrin.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut bahwa milisi Kurdi yang menembak jatuh helikopter militernya pada Sabtu (10/2). Akibat penembakan tersebut, dua tentara Turki tewas.

Sumber-sumber YPG secara terpisah sebagaimana dilansir Antara dari Reuters membenarkan serangan terhadap helikopter itu dan menjatuhkannya.

"Salah satu helikopter kami ditembak jatuh baru-baru ini," kata Erdogan yang berbicara kepada para anggota partai AK yang dipimpinnya di Istanbul. "Hal-hal ini akan terjadi, kita berada dalam suasana perang... Kita mungkin kehilangan satu helikopter, tetapi mereka akan membayar mahal atas peristiwa ini."

Militer Turki dalam sebuah pernyataan tidak secara spesifik menyebutkan alasan mengapa helikopter tersebut jatuh. Dikatakan dua prajurit yang berada di pesawat itu meninggal dan tim teknis sedang menyelidiki jatuhnya heli tersebut.

Ankara melancarkan serangan udara dan darat bulan lalu terhadap para pejuang Kurdi di kawasan Afrin Suriah di perbatasannya, membuka sebuah fron baru dalam perang Suriah.

Untuk pertama kali Turki mengonfrimasi secara resmi jatuhnya helikopter itu dan merupakan kehilangan sebuah pesawat di Suriah sejak permulaan perang saudara di negara itu.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH