Presiden Donald Trump Perintahkan Militer AS Bangun Pangkalan di Antariksa

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 19 Juni 2018
Presiden Donald Trump Perintahkan Militer AS Bangun Pangkalan di Antariksa
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara kepada media sebelum berangkat dari Gedung Putih menuju New York, di Washington, Amerika Serikat (ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Barria)

MerahPutih.Com - Amerika Serikat berambisi menguasai ruang angkasa. Salah satunya dengan mendirikan pangkalan militer di antariksa.

Presiden Donald Trump pada Senin (18/6) memerintahkan pembangunan pangkalan militer keenam agar mempermudah dominasi Amerika Serikat di bidang antariksa.

"Ini tidak cukup hanya memiliki kehadiran seorang Amerika di ruang angkasa. Kita harus memiliki dominasi Amerika di luar angkasa," kata Trump sebelum pertemuan Dewan Antariksa Nasional.

Presiden Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara dalam sebuah reli di Pensacola, Florida, Amerika Serikat ( ANTARA FOTO/REUTERS/Carlo Allegri)

Dengan demikian dalam matra kemiliteran AS bukan saja hanya angkatan udara tapi juang angkatan antariksa.

"Kita memiliki Angkatan Udara dan kita juga akan memiliki 'Angkatan Antarika'". Terpisah tetapi setara. Itu akan menjadi sesuatu. Sangat penting," katanya kemudian.

Meski begitu, AS adalah anggota dari Perjanjian Luar Angkasa, yang melarang penempatan senjata pemusnah massal di angkasa dan hanya memungkinkan penggunaan bulan dan benda langit lainnya untuk tujuan damai.

Trump juga sebagaimana dilansir Antara dari Reuters pada Selasa (19/6) menandatangani arahan tentang pengelolaan lalu lintas dan puing-puing di ruang angkasa.

Pengumuman tersebut merupakan langkah terbaru pemerintahannya untuk meningkatkan eksplorasi ruang angkasa AS. AS ingin mengirim penjelajah robot ke bulan paling cepat tahun depan sebagai langkah persiapan untuk mengirim astronot kembali ke sana untuk pertama kalinya sejak 1972, kata seorang pejabat Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA), Senin.

NASA merencanakan serangkaian misi bulan dimulai tahun depan yang bertujuan mengembangkan kapasitas untuk kembali ke bulan, kata Cheryl Warner, juru bicara Direktorat Eksplorasi Manusia NASA.

NASA akan bekerja dengan perusahaan swasta, yang belum dipilih, dalam misi, kata Warner dalam sebuah wawancara telepon.

Presiden Amerika Serikat
Presiden Amerika Serikat Donald Trump memegang proklamasi yang menyatakan tujuannya mundur dari perjanjian nuklir Iran setelah menandatanganinya di Ruang Diplomatik Gedung Putih di Washington (ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst)

Pada Desember, Trump menandatangani arahan yang katanya akan memungkinkan astronot kembali ke bulan dan akhirnya memimpin misi ke Mars. Dia memerintahkan pemerintah bulan lalu untuk meninjau peraturan tentang penerbangan ruang komersial.

Orang Amerika pertama kali mendarat di bulan pada 1969, mencapai tujuan yang ditetapkan oleh mantan Presiden John F. Kennedy pada 1961 dan mengakhiri perlombaan antariksa satu dekade antara Washington dan Moskow.

Sejak itu, upaya AS untuk mengeksplorasi di luar orbit Bumi sebagian besar terfokus pada pesawat antariksa jarak jauh yang tidak memiliki anggota awak manusia, meskipun beberapa presiden Amerika telah berulang kali mengangkat gagasan mengirim penjelajah manusia kembali ke bulan atau lebih jauh.

Presiden George W. Bush pada 2004 mengatakan manusia akan kembali ke bulan pada 2020. Penerusnya, Presiden Barack Obama, mengatakan pada 2016 Amerika Serikat akan mengirim manusia ke Mars pada tahun2030 nanti.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: H+4 Lebaran, Jalanan Jakarta Lancar

#Donald Trump #Amerika Serikat #NASA
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan