Prediksi Umur Kabinet Jokowi dan Nama-Nama Menteri Baru Presiden Jokowi. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Pengamat Politik Wempy Hadir memprediksi umur kabinet pemerintahan Jokowi akan bertahan lama atau tidak, sangat tergantung dari dua hal. Pertama adalah sejauh mana kinerja yang ditunjukan para menteri kabinet.

"Jika performa mereka bagus, tentu mereka akan bertahan lama bahkan hingga masa jabatan berakhir. Demikian pun sebaliknya, jika hasil evaluasi menunjukan bahwa kinerja para mentri dinilai buruk, tentu akan ruang untuk dilakukan pergantian," kata Wempy kepada Merahputih.com di Jakarta, Rabu (21/8).

Baca Juga: Jokowi Buka-bukaan Calon Menteri di Kabinet Kerja Jilid II

Direktur Indo Polling Network ini menambahkan, faktor yang kedua adalah dinamika politik yang berkembang ketika kabinet baru Jokowi-Ma'ruf Amin sudah berjalan nanti.

Pengamat politik Wempy Hadir (Foto: Dok Pribadi)

"Artinya jika terjadi manuver ruang dilakukan oleh partai politik yang dianggap menghambat jalannya pemerintahan, maka bukan tidak mungkin ada ruang untuk dilakukan evaluasi terhadap posisi mentri atau jabatan strategis yang diberikan kepada partai tertentu," jelas Wempy.

Baca Juga: Deretan Nama-Nama Kandidat 'Menteri Milenials' Jokowi

Menurut Wempy, beberapa nama dari kalangan profesional sangat layak untuk dipertahankan, misalnya saja mentri ESDM Ignasius Jonan, Mentri keuangan Sri Mulyani, Mentri PUPR Basuki Hadimulyo dan Susi Pudjiastuti.

"Mereka mempunyai rekam jejak yang bagus selama ini. Jadi Jokowi sangat mempunyai alasan yang kuat untuk tetap memasukan mentri tersebut diperiode yang kedua," tutur Wempy.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto Antara/Joko Sulistyo)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto Antara/Joko Sulistyo)

Terkait nama baru dari kalangan milenial, Wempy menyebut beberapa calon kuat antara lain ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Bahlil Lahadalia, mantan ketua Umum HMI yang juga direktur Merial Institut Arief Rosyd Hasan dan bendahara umum KNPI Twedy Noviady Ginting.

Baca Juga: Lawan Jadi Kawan dan Riak Pemberontakan di Koalisi Jokowi

Sementara dari kalangan porfesional, yang layak untuk dipertimbangkan adalah Basuki Tjahaya Purnama (Ahok), Mahfud MD dan Ilham Akbar Habibi yang memang tak diragukam lagi kinerjanya.

"Ada nama anak ketua umum Perindo yaitu Angela Herliani Tanoesoedibjo. Beberapa kali kader Perindo memang mengklaim adanya pertemuan memebahas masuknya anak Harry Tanoe," tutup Wempy. (Knu)

Baca Juga: Desakan Parpol Koalisi soal Jatah Menteri buat Jokowi Tertekan


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH