AFF Cup 2020
Prediksi Singapura Vs Indonesia Timnas Indonesia Vs Singapura. (BolaSkor.com/Aji Wandi)

MerahPutih.com - Timnas Indonesia akan menghadapi Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di Stadion Nasional, Kallang, Singapura, Rabu (22/12) malam WIB.

Skuad Garuda melaju ke babak empat besar setelah menjadi juara Grup B. Sedangkan, The Lions berstatus sebagai runner-up Grup A. Itu setelah kalah 0-2 dari Thailand di partai pamungkas grup, setelah lebih dahulu mengalahkan Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Baca Juga

Head to Head Timnas Indonesia Vs Singapura di Piala AFF: Jomplang

Menghadapi tuan rumah, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong meminta anak asuhnya bekerja keras. Ia pun mengibaratkan laga ini sebagai partai final demi menjaga komitmen untuk berjuang habis-habisan.

"Pertandingan pertama (Vs Kamboja) dan kedua (Vs Laos), untuk conditioning dan meningkatkan performa pemain. Mulai laga ketiga melawan Vietnam, kemudian Malaysia, serta semifinal, dan nanti final, semua harus anggap final," kata Shin Tae-yong. "Jadi saya tegaskan ke pemain, harus kerja maksimal di setiap pertandingan."

Shin Tae-yong sudah memantau kekuatan dan kelebihan Singapura. Partai besar Singapura kontra Thailand ditonton langsung oleh eks pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Analisis juga dilakukan. Shin Tae-yong berharap anak asuh bisa fokus sepanjang pertandingan.

"Sisanya lewat video saja. Pastinya saya merasakan Singapura tim baik, apalagi ketika melawan Filipina dan Myanmar. Kami tidak boleh lengah karena saya menganggap Singapura tim baik. Satu persen pun tak boleh lengah. Saya tegaskan ini ke pemain bahwa Singapura tim yang baik," jelas Shin Tae-yong.

Foto: Twitter/@affsuzukicup

Shin Tae-yong diperkirakan menurunkan komposisi yang tak jauh berbeda dibanding sebelumnya. Hanya saja ada potensi Elkan Baggott diturunkan sejak awal, karena kebutuhan untuk membentengi gawang Indonesia dari ancaman Singapura lewat bola mati.

"Egy Maulana Vikri tidak main untuk laga besok. Ia sampai di Singapura hari ini dan besok akan diberikan istirahat. Mungkin pertandingan berikutnya baru dimainkan," terangnya. Adapun Ramai Rumakiek tak bisa dimainkan karena akumulasi kartu kuning.

Baca Juga

Puji Semangat Juang Timnas Indonesia, Pelatih Singapura: Serangan Balik dan Pertahanan Kuat

Sementara itu, pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida menegaskan, para pemain Indonesia memiliki kelebihan. Arsitek asal Jepang itu menyiapkan solusi dan berharap bisa berjalan di dalam pertandingan.

"Saya melihat Indonesia melawan Vietnam. Dalam pertandingan, Vietnam mendominasi pertandingan, tetapi Indonesia sangat berjuang, tidak menyerah. Mereka mencari opsi dengan melakukan counter attack. Indonesia tidak berhenti berlari seperti disampaikan Hassan Sunny. Mereka tidak menyerah. Mereka kuat dalam counter attack, bertahan juga kuat."

Indonesia juga memiliki pemain cepat, yang bisa mendatangkan bahaya. "Anda bisa lihat, bahwa timnya sangat berlari. Tidak berhenti berlari. Saya percaya pada tim, pelatih juga percaya bahwa kami kuat dalam satu unit," kata kiper Timnas Singapura, Hassan Sunny.

Singapura kehilangan dua pemain. Shakir Hamzah dan Gabriel Quak mengalami cedera dan harus mengakhiri kiprah di Piala AFF 2020 lebih cepat.

Cedera Shakir Hamzah sangat serius. Seperti diumumkan sebelumnya bek 29 tahun itu mengalami cedera pada anterior cruciate ligament (ACL), ligamen kolateral medial, dan meniskus lutut kanannya. Adapun Gabriel Quak cedera bahu.

Head to Head:

09 Nov 2018: Singapura 1-0 Indonesia (Piala AFF)

25 Nov 2016: Singapura 1-2 Indonesia (Piala AFF)

28 Nov 2012: Indonesia 1-0 Singapura (Piala AFF)

04 Nov 2009: Singapura 3-1 Indonesia (Persahabatan)

09 Des 2008: Indonesia 0-2 Singapura (Piala AFF)

Prakiraan Susunan Pemain:

Indonesia: Nadeo Argawinata (GK), Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Evan Dimas Darmono, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Hanis Saghara.

Singapura: Hassan Sunny, Zulgarnaen Suzliman, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah, Hariss Harun, Anuar, Hami Syahin, Shahdan Sulaiman, Faris Ramli, Ikshan Fandi

Prediksi MerahPutih.com: Indonesia 60-40 Singapura. (Bolaskor)

Baca Juga

Timnas Indonesia di Mata Kiper Singapura Hassan Sunny

Kanal
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
CdM Indonesia Optimis Timnas U-23 Menang Lawan Vietnam di Laga Pembuka
Olahraga
CdM Indonesia Optimis Timnas U-23 Menang Lawan Vietnam di Laga Pembuka

Ketua Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Sea Games Ferry J Kono meyakini, tim asuhan Shin Tae-yong itu akan mengalahkan Vietnam di laga perdana, Jumat (6/5) mendatang.

Timnas Dibantai Vietnam, Ketum PSSI Minta Evan Dimas Cs Bangkit di Laga Terakhir
Olahraga
Timnas Dibantai Vietnam, Ketum PSSI Minta Evan Dimas Cs Bangkit di Laga Terakhir

"Pemain harus tetap fokus, disiplin dan bangkit di laga terakhir melawan Uni Emirat Arab nanti," sambung pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Inter Milan Akui Ketertarikannya pada Paulo Dybala
Olahraga
Inter Milan Akui Ketertarikannya pada Paulo Dybala

Inter Milan semakin menunjukkan ketertarikannya kepada Paulo Dybala.

5 Fakta Menarik Terkait Semifinal dan Final UEFA Nations League 2021
Olahraga
5 Fakta Menarik Terkait Semifinal dan Final UEFA Nations League 2021

Fakta-fakta menarik pada semifinal dan final di UEFA Nations League 2021.

Shin Tae-yong: Kami Tidak akan Menyerah
Olahraga
Shin Tae-yong: Kami Tidak akan Menyerah

"Kami tidak akan menyerah. Saya akan meminta pemain untuk memikirkan hasil leg pertama agar mereka dapat mengeluarkan kembali potensi terbaiknya seperti saat babak penyisihan grup," kata pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong

Nominal Uang Saku Atlet Indonesia di Olimpiade 2020
Olahraga
Nominal Uang Saku Atlet Indonesia di Olimpiade 2020

Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J Kono menjelaskan, nominal uang saku tersebut juga berlaku bagi para pelatih yang mendampingi atlet ke Tokyo.

Jota dan Mane Bawa Liverpool Ungguli Burnley
Olahraga
Jota dan Mane Bawa Liverpool Ungguli Burnley

Liverpool memetik kemenangan 2-0 ketika menjamu Burnley dalam pertandingan pekan kedua Premier League pada Sabtu (21/8).

Pelatih Dewa United FC Komentari Rencana Penyelenggaran Liga 2 di Tangsel
Olahraga
Pelatih Dewa United FC Komentari Rencana Penyelenggaran Liga 2 di Tangsel

Kompetisi Liga 2 musim 2021 direncanakan akan diselenggarakan dengan format home tournament dan dilaksanakan di empat kota, salah satunya di Tangerang Selatan (Tangsel).

Anak Dewa Buat Phoenix Kembali Menginjak Bumi di IBL 2022
Olahraga
Anak Dewa Buat Phoenix Kembali Menginjak Bumi di IBL 2022

Tim berjulukan Anak Dewa itu mengatasi perlawanan RANS dengan skor 78-74 di Hall Basket Senayan, Jakarta.

Melaju ke Semifinal WTF, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Perkuat Motivasi
Olahraga
Melaju ke Semifinal WTF, Greysia Polii/Apriyani Rahayu Perkuat Motivasi

Greysia/Apriyani lolos ke semifinal setelah mengamankan dua kemenangan dari tiga pertandingan di babak penyisihan Grup A ganda putri WTF 2021.