Oscar
 Prediksi Lengkap Oscar 2021, Banyak Sejarah Baru Tercatat Tahun Ini Oscar 2021 mencatatkan banyak sejarah baru. (Foto:goldderby.com)

AJANG penghargaan Oscar digelar sebentar lagi. Sejumlah film dijagokan untuk menang. Film Nomadland diperkirakan akan jadi pemenang utama di Oscar, tetapi Netflix juga diperkirakan akan memimpin dalam kemenangan studio.

Musim penghargaan industri perfilman dunia berujung pada Academy Awards ke-93. Malam penghargaan yang diadakan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) ini akan menjadi penutup musim penghargaan terlama setelah tahun pandemi yang menyiksa dan hampir menghancurkan bisnis film.

BACA JUGA:

Prediksi Nominasi dan Pemenang Piala Oscar 2021 Kategori Best Picture

Banyak sejarah baru yang akan tercatatkan dalam Oscar 2021. Tahun ini, perempuan dan orang kulit berwarna mendapatkan pengakuan. Namun, tetap masih ada ruang untuk satu atau dua kejutan.

Dalam prediksi penghitungan pemenang, Nomadland diharapkan menjadi pemenang utama dengan empat kemenangan termasuk best film, diikuti Ma Rainey's Black Bottom dengan tiga kemenangan, termasuk Chadwick Boseman sebagai best actor.

Netflix akan meraup kemenangan terbanyak dengan prediksi enam kemenangan, meningkat dari penghitungan empat tahun lalu. Kabar baiknya, raksasa streaming memiliki kemungkinan 50/50 dalam empat nominasi tambahan, yang dapat membawa kemenangan mereka menjadi dua digit. Bila itu terjadi, kemenangan itu akan menjadi rekor baru di era modern. Pada masa 1930-an dan 1940-an Metro-Goldwyn Mayer pernah mendominasi kemenangan. Berikut prediksi 23 kemenangan untuk Oscar ke-93 oleh Variety.com (22/4).

1. Best Motion Picture of the Year

Sulit untuk bertaruh melawan pemenang PGA, DGA, Golden Globes, dan BAFTA. Namun, 1917 dan La La Land memenangi penghargaan yang sama, kemudian kalah dari Parasite dan Moonlight (yang memenangkan film drama terbaik Globe). Pada akhirnya, musim telah berubah untuk Nomadland, dan film ini menjadi salah satu pesaing kuat dalam 20 tahun terakhir.

Akan menang: NomadlandBisa menang: The Trial of the Chicago 7Harusnya menang: NomadlandSeharusnya masuk nominasi: Onward

Oscar 2021
Banyak sejarah baru yang akan tercatat dalam Oscar 2021. (thewrap.com)

2. Best Achievement in Directing

Chloe Zhao tak terbendung dengan bekal kemenangan empat penghargaan Critics Choice, Golden Globe, dan DGA. Tidak peduli apa kekecewaan yang akan muncul, dia tampaknya yakin untuk kategori ini, yang merupakan salah satu dari empat nominasinya.

Akan menang: Chloe Zhao, NomadlandBisa menang: Thomas Vinterberg, Another RoundHarusnya menang: Chloé Zhao, NomadlandSeharusnya masuk nominasi: Shaka King, Judas and the Black Messiah

3. Best Performance by an Actor in a Leading Role

Sementara Anthony Hopkins memenangkan BAFTA, Chadwick Boseman tampaknya memiliki cukup peluang untuk merebut piala ini. Aktor, yang meninggal Agustus lalu karena kanker pada usia 43 tahun, akan mengikuti Peter Finch (Network), satu-satunya pemenang anumerta sebelumnya dalam kategori tersebut.

Akan menang: Chadwick Boseman, Ma Rainey’s Black BottomBisa menang: Anthony Hopkins, The FatherHarusnya menang: Chadwick Boseman, Ma Rainey’s Black BottomSeharusnya masuk nominasi: Delroy Lindo, Da 5 Bloods

4. Best Performance by an Actress in a Leading Role

Kesuksesan prediksi kemenangan Oscar akan ditemtukan pada kategori ini. Persaingan kategori ini sangat ketat, siapapun dari lima nomine ini bisa memenangkannya. Namun, meski dengan pemenang yang berbeda di setiap upacara penghargaan yang disiarkan televisi, jajak pendapat informal para pemilih Oscar menunjukkan, peluang terbesar ada pada Frances McDormand dan Andra Day. Sebetulnya, McDormand yang telah mengantongi BAFTA, bisa muncul sebagai pemenang. Bila itu terjadi, dia akan menjadi satu-satunya pemenang aktris utama tiga kali dan hanya satu trofi di belakang rekor Katharine Hepburn.

Akan menang: Frances McDormand, NomadlandBisa menang: Viola Davis, Ma Rainey’s Black BottomHarusnya menang: Vanessa Kirby, Pieces of a WomanSeharusnya masuk nominasi: Yeri Han, Minari

5. Best Performance by an Actor in a Supporting Role

Tidak ada orang dalam sejarah modern nomine yang kehilangan Oscar setelah kemenangan pada semua acara penghargaan yang disiarkan televisi. Prediksi ini sudah hampir pasti benar.

Akan menang: Daniel Kaluuya, Judas and the Black MessiahBisa menang: Sacha Baron Cohen, The Trial of the Chicago 7Harusnya menang: Paul Raci, Sound of Metal (karena Kaluuya dan Stanfield harusnya masuk aktor utama)Seharusnya masuk nominasi: Eli Goree, One Night in Miami

6. Best Performance by an Actress in a Supporting Role

Pada awal musim, pemenang kategori ini masih terbuka. Namun, SAG dan BAFTA mengubahnya. Youn Yuh-jung berada di jalur yang tepat untuk menjadi perempuan Asia kedua yang memenangi penghargaan akting. Olivia Colman dan Amanda Seyfried memang memiliki pendukung dan bisa merusak harapan banyak orang. Glenn Close, pada nominasi kedelapannya, tampaknya tidak memiliki dukungan untuk kemenangan yang sudah lama tertunda, tetapi hal-hal yang lebih gila bisa terjadi, terbukti dengan kekalahannya mengejutkannya dari Colman untuk The Favorite. Jika dia kalah sekali lagi, dia akan sama seperti mendiang Peter O'Toole, sebagai aktor yang paling banyak dinominasikan tanpa kemenangan Oscar.

Akan menang: Youn Yuh-jung, MinariBisa menang: Olivia Colman, The FatherHarusnya menang: Youn Yuh-jung, MinariSeharusnya masuk nominasi: Jayme Lawson, Farewell Amor

7. Best Original Screenplay

Meski memenangi Golden Globe untuk skenario terbaik, Aaron Sorkin belum bisa menang di tempat lain. Dengan BAFTA, Critics Choice dan WGA di tangan, Emerald Fennell siap menjadi pemenang perempuan solo kedua dalam kategori ini setelah Diablo Cody untuk Juno (2007).

Akan menang: Promising Young Woman - Emerald FennellBisa menang: The Trial of the Chicago 7 - Aaron SorkinHarusnya menang: Minari - Lee Isaac ChungSeharusnya masuk nominasi: The Forty-Year-Old Version - Radha Blank

8. Best Adapted Screenplay

Kebijaksanaan konvensional mengatakan Nomadland akan mengantungi kategori ini ke malam kemenangannya, tetapi BAFTA berbicara sebaliknya. Dengan enam nominasi, The Father bisa merebutnya, dan warisan Christopher Hampton ini akan membantu sutradara dan penulis skenario Florian Zeller meraih kemenangan pertama kali untuk Sony Pictures Classics.

Akan menang: The Father - Christopher Hampton, Florian ZellerBisa menang: Nomadland - Chloé ZhaoHarusnya menang: Nomadland - Chloé ZhaoSeharusnya masuk nominasi: I’m Thinking of Ending Things - Charlie Kaufman

9. Best Animated Feature

Apple TV Plus dan GKids berharap mereka bisa menghentikan kemenangan Soul dengan Wolfwalkers. Namun Pixar, yang memiliki dua "bom" lain, tampaknya akan mengantungi piala untuk kategori ini.

Akan menang: Soul - Dana Murray, Pete DocterBisa menang: WolfwalkersHarusnya menang: OnwardSeharusnya masuk nominasi: No. 7 Cherry Lane (Far Sun Film Co. Ltd)

10. Best Achievement in Production Design

Dengan nominasi terbanyak dari film mana pun, karya Fincher tentang Hollywood lama telah memenangkan hampir setiap penghargaan yang diberikan di bidang ini, tanpa penantang sebanding untuk dikecewakan. Kecuali jika Ma Rainey's Black Bottom bisa melanjutkan kemenangan, tapi itu sulit.

Akan menang: Mank - Donald Graham Burt, Jan PascaleBisa menang: Ma Rainey’s Black BottomHarusnya menang: MankSeharusnya masuk nominasi: Promising Young Woman - Michael Perry, Rae Deslich

Oscar 2021
Nomadland diperkirakan akan jadi pemenang utama di Oscar (highonfilms.com)

11. Best Achievement in Cinematography

Pencapaian teknis pada ketegori ini untuk Nomadland telah menjadi mesin penggerak kemenangan musim ini. Bahkan dengan ASC memilih Mank, yang bisa menjadi ancaman sebanding, kategori ini tampaknya tetap aman.

Akan menang: Nomadland - Joshua James RichardsBisa menang: MankHarusnya menang: NomadlandSeharusnya masuk nominasi: Malcolm & Marie - Marcell Rév

12. Best Achievement in Costume Design

Dengan kemenangan dari Costume Designers Guild dan BAFTA, Roth akan menjadi perempuan tertua, pada usia 89, untuk memenangkan Oscar kompetitif. Emma atau Mank mungkin memiliki pengaruh dengan komunitas pemungutan suara internasional.

Akan menang: Ma Rainey’s Black Bottom - Ann RothBisa menang: EmmaHarusnya menang: Ma Rainey’s Black BottomSeharusnya masuk nominasi: The Prom - Lou Eyrich

13. Best Achievement in Film Editing

Kategori pengeditan dan suara sering kali berjalan seiring, sebagaimana dibuktikan oleh para pemenang seperti Whiplash, Hacksaw Ridge, dan Ford v Ferrari. Meskipun ACE mengakui The Trial of the Chicago 7, taruhan cerdas ada pada pemenang BAFTA.

Akan menang: Sound of Metal - Mikkel E.G. NielsenBisa menang: The Trial of the Chicago 7Harusnya menang: The Trial of the Chicago 7Seharusnya masuk nominasi: Palm Springs - Andrew Dickler, Matt Friedman

14. Best Achievement in Makeup and Hairstyling

Sejarah akan dibuat dengan pemenang kulit hitam pertama dalam kategori ini yang sudah lama tertunda. Ma Rainey akan menang.

Akan menang: Ma Rainey’s Black Bottom - Mia Neal, Sergio Lopez-Rivera, Jamika WilsonBisa menang: PinokioHarusnya menang: Ma Rainey’s Black BottomSeharusnya masuk nominasi: The Outpost - Sofi Hvarleva, Maria Stankovich

15. Best Achievement in Sound

Pemenang kategori ini telah merajai selama beberapa waktu. Sound of Metal akan menjadi salah satu pemenang terbesar dalam kategori ini.

Akan menang: Sound of Metal - Nicolas Becker, Jaime Baksht, Michelle Couttolenc, Carlos Cortés, Phillip BladhBisa menang: Soul - Ren Klyce, Coya Elliott dan David ParkerHarusnya menang: Sound of Metal Seharusnya masuk nominasi: The Invisible Man - Paul "Salty" Brincat, Will Files, P.K. Hooker

16. Best Achievement in Visual Effects

Dengan nominasi desain produksi, Tenet memiliki keunggulan, dan telah memenangkan BAFTA dan hampir semua hadiah lain di luar sana. VES Guild menggunakan The Midnight Sky, tapi itu tidak cukup untuk membuat perubahan.

Akan menang: Tenet (Warner Bros) - Andrew Jackson, David Lee, Andrew Lockley, Santiago Colomo MartinezBisa menang: MulanHarusnya menang: The Midnight SkySeharusnya masuk nominasi: Welcome to Chechnya - Ryan Laney, Maxwell Anderson, Johnny Han, Piers Dennis

17. Best Original Score

Meskipun ada nominasi ganda untuk Reznor dan Ross, hanya judul film yang ada di pemungutan suara, dan Soul telah mendapatkan setiap hadiah utama. Meski tidak ada konsensus yang nyata, bisa jadi komposisi nominasi tim lain di Mank yang menang.

Akan menang: Soul - Jon Batiste, Trent Reznor, Atticus RossBisa menang: MinariHarusnya menang: MankSeharusnya masuk nominasi: The Midnight Sky - Alexandre Desplat

18. Best Original Song

Dengan nominasi ganda untuk akting dan lagu, ini adalah tempat di mana Leslie Odom Jr. dan mitranya Sam Ashworth terlihat mendapatkan penghargaan, tetapi "Húsavík" dari "Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga" telah menerima dorongan besar dari Netflix yang bisa membuatnya jadi spoiler.

Akan menang: Speak Now dari One Night in Miami - Leslie Odom Jr., Sam AshworthBisa menang: Húsavík dari Eurovision Song Contest: The Story of Fire SagaHarusnya menang: Lo Si (Seen) dari The Life AheadSeharusnya masuk nominasi: Edgar’s Prayer dari Barb & Star Go to Vista Del Mar - Annie Mumolo, Kristen Wiig

19. Best Documentary Feature

Itu menyapu hampir semua guild dan merupakan film yang menyenangkan dari nominasi ini. Faktor ketepatan memengaruhi, tapi itu sudah ketinggalan, bersama dengan nominasi ganda Collective.

Akan menang: My Octopus Teacher – Pippa Ehrlich, James ReedBisa menang: CollectiveHarusnya menang: The Mole AgentSeharusnya masuk nominasi: The Way I See It (Focus Features) – Dawn Porter

20. Best International Feature

Dengan nominasi sutradara untuk Thomas Vinterberg, Another Round telah memimpin sepanjang tahun dalam kategorin ini. Namun, hati-hati dengan Quo Vadis, Aida ?, yang bisa menyusul.

Akan menang: Another Round - DenmarkBisa menang: Quo Vadis, Aida - SwediaHarusnya menang: Quo Vadis, AidaSeharusnya masuk nominasi: A Sun - Taiwan

oscar 2021
Ma Rainey's Black Bottom diperkirakan di tempat kedua dengan tiga kemenangan. (goldderby.com)

21. Best Animated Short

Film pendek selalu merupakan kartu liar, tanpa petunjuk untuk membantu mengidentifikasi peserta terdepan. Singkatnya, dalam animasi, sebagian besar memprediksi film pendek Netflix, If Anything Happens I Love You, tetapi ada banyak pujian positif untuk Opera yang dapat membantunya menang.

Akan menang: Opera - Erick OhBisa menang: If Anything Happens I Love YouHarusnya menang: If Anything Happens I Love YouSeharusnya masuk nominasi: Out

22. Best Documentary Short

Kampanye untuk “ Concerto Is a Conversation dijalankan dengan baik dan mengharukan. Colette dan Do Not Split juga memiliki pengagum yang dapat menarik anggota internasional.

Akan menang: A Concerto Is a Conversation - Kris Bowers, Ben ProudfootBisa menang: ColetteHarusnya menang: A Concerto Is a ConversationSeharusnya masuk nominasi: The Speed Cubers

23. Best Live Action Short

Perlombaan singkat untuk live action jauh lebih dekat, dengan Feeling Through dan Two Distant Strangers, keduanya memiliki pengagumnya. Namun, mengingat pengadilan Derek Chauvin atas pembunuhan George Floyd terjadi di tengah-tengah pemungutan suara, diperkirakan kemenangan untuk Two Distant Strangers, tapi tidak banyak.

Akan menang: Two Distant Strangers - Travon Free, Martin Desmond RoeBisa menang: Feeling ThroughHarusnya menang: Two Distant StrangersSeharusnya masuk nominasi: The Human Voice.(aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Euforia Olimpade Tokyo 2020 Hadir di 'Doodle Champion Island Games'
Fun
Euforia Olimpade Tokyo 2020 Hadir di 'Doodle Champion Island Games'

Google Doodle menghadirkan mini-game untuk menyambut Olimpiade Tokyo 2020.

Nonton Film Horor Buruk Bagi Kesehatan Mental? Ini Faktanya
Hiburan & Gaya Hidup
Nonton Film Horor Buruk Bagi Kesehatan Mental? Ini Faktanya

Kenali dampak buruk film horor bagi kesehatan mental, dan tips menonton film horor yang sehat

‘Squid Game’ Populer, Penjual Dalgona Cuan
Hiburan & Gaya Hidup
‘Squid Game’ Populer, Penjual Dalgona Cuan

Pedagang membuat permen dalgona sebanyak 700 buah dan menghabiskan gula sebanyak 15 kg.

Begini Tanda-tanda Ponsel Disadap Hacker
Fun
Begini Tanda-tanda Ponsel Disadap Hacker

lebih waspada serta mengenali tanda-tanda ponsel yang sedang disadap.

Co-Living Jadi Tren Hunian Milenial
Fun
Co-Living Jadi Tren Hunian Milenial

Co-living berawal dari tren work from home.

Single 'Holiday Savvy' Dhira Bongs Menyorot Perjalanan Spiritual Manusia
ShowBiz
Single 'Holiday Savvy' Dhira Bongs Menyorot Perjalanan Spiritual Manusia

Dhira Bongs berkolaborasi dengan Grace Sahertian untuk single Holiday Savvy.

Aston Martin Pamerkan Motor Perdana
Hiburan & Gaya Hidup
Aston Martin Pamerkan Motor Perdana

Setelah sukses menjadi salah satu produsen mobil ternama, Aston Martin mulai merambah lini sepeda motor.

Akankah Kamu Menggunakan Heeled Clog dan Boots Dari Crocs x Balenciaga?
Fashion
Akankah Kamu Menggunakan Heeled Clog dan Boots Dari Crocs x Balenciaga?

Koleksi kolaborasi ini ditampilkan pada Balenciaga Spring 2022 runway.

Teknologi Sepeda Listrik Harley Davidson Serial 1 Banyak Diminati
Fun
Teknologi Sepeda Listrik Harley Davidson Serial 1 Banyak Diminati

Sepeda listrik yang di produksi oleh Harley Davidson banyak diminati karena memili tampilan yang cantik

5 Drama Korea dengan Akhir Cerita Penuh Teka-Teki
ShowBiz
5 Drama Korea dengan Akhir Cerita Penuh Teka-Teki

menimbulkan teka-teki baru hingga bikin penasaran.