Prediksi Menteri Parpol yang Tak Lagi Dipakai di Era Jokowi Jilid 2 Presiden dan Wapres Terpilih Jokowi-Ma'ruf dalam debat kelima Pilpres 2019 (Foto: antaranews)

MerahPutih.com - Pengamat Politik Wempy Hadir menilai bakal ada beberapa pos menteri yang bakal diganti saat Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin mulai memerintah Oktober mendatang.

Menteri yang bakal terkena reshuffle diprediksi berasal dari parpol dan kini diduga terseret-seret sejumlah kasus korupsi di KPK.

BACA JUGA: Jokowi Ternyata Sudah Pegang Nama-Nama Calon Menteri di Kabinetnya

"Beberapa menteri sedang berurusan dengan KPK terkait dengan beberapa persoalan korupsi,'' kata Wempy, kepada Merahputih.com di Jakarta, Jumat (5/7). Dia mencontohkan nama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dari PPP dan Menpora Imam Nahrawi dari PKB yang beberapa kali dipanggil ke sidang korupsi.

wempy hadir
Pengamat politik Wempy Hadir (Foto: Dok Pribadi)

Wempy beranggapan koalisi yang gemuk juga berpengaruh kepada Jokowi dalam memilih calon pejabatnya. Alasannya, lanjut dia, Jokowi akan mengalami kesulitan dalam membagi kekuasaan dengan parpol pendukung. "Lebih berat lagi bila ada penambahan parpol dalam koalisi," tutur dia.

BACA JUGA: Jokowi Bakal Reshuffle Kabinet

Lebih jauh, Wempy menyarakan Jokowi agar tidak membuat koalisi pelangi karena akan membebani dia dalam membagi kekuasaan. Termasuk dalam mengontrol kinerja para menteri.

"Jadi Jokowi mesti lebih kalkularif dalam membangun koalisi. Bukan apa membuat koalisi besar kalau hanya membebani Jokowi-Maruf Amin lima tahun kedepan," tutup Direktur Indo Polling Network itu. (Knu)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH