Prediksi Laga Penentuan Indonesia vs Malaysia AFF 2021: Garuda Cengkeram Tiket Semifinal

Thomas KukuhThomas Kukuh - Minggu, 19 Desember 2021
Prediksi Laga Penentuan Indonesia vs Malaysia AFF 2021: Garuda Cengkeram Tiket Semifinal
Timnas Indonesia Vs Malaysia. (BolaSkor.com/Aji Wandi)

MerahPutih.com - Timnas Indonesia akan menutup kiprah di Grup B Piala AFF 2020 dengan menghadapi Malaysia di Stadion Nasional, Singapura, Minggu (19/12) malam. Laga pamungkas di Grup B sekaligus menjadi penentu lolos atau tidaknya skuat Garuda, pun Harimau Malaya ke semifinal.

Sebelum laga, Timnas Indonesia sudah mengumpulkan tujuh poin lewat kemenangan atas Kamboja dan Laos, serta hasil seri kontra Vietnam. Jumlah poin Indonesia sama dengan Vietnam, namun unggul dalam selisih gol sehingga menempati posisi pertama.

Adapun Malaysia mengoleksi enam poin dan berada di tempat ketiga. Malaysia meraih kemenangan atas Laos dan Kamboja, sebelum kalah dari Vietnam.

Dengan catatan tersebut, Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos. Sementara Malaysia harus meraih kemenangan.

Satu tiket hampir dipastikan menjadi milik Vietnam. Golden Star Warriors diyakini mampu mengalahkan Kamboja di partai terakhir Grup B.

"Memang banyak bicara Indonesia dalam situasi untung di grup ini. Tetapi kami tidak tahu bagaimana situasi di pertandingan, bisa saja berubah. Saya tegaskan ke pemain agar tidak lengah. Kalau mental diperkuat, pasti dapat hasil baik melawan Malaysia, yang merupakan tim baik," kata Shin Tae-yong.

Namun demikian, berisiko jika Timnas Indonesia hanya ingin hasil seri. Kemenangan diyakini akan diupayakan, sehingga Timnas tak akan sekadar bermain bertahan.

"Sebagai pelatih kepala, saya bertanggung jawab memimpin tim ini dan punya tugas bagaimana menghadapi tim lawan dengan menganalisis kelemahan dan kelebihan. Vietnam memang tim terbaik dan terkuat di Piala AFF. Oleh karena itu kami tidak fokus ke penguasaan bola. Juga dengan seri kami bisa naik dan berpeluang lolos. Malaysia punya kelebihan dan kekurangan, kami analisis strategi dan taktik. Kami akan persiapkan dan membawa sistem yang sesuai dengan lawan,” ujar pelatih asal Korsel itu.

Timnas Indonesia bisa menurunkan komposisi terbaik. Elkan Baggott yang absen di laga kontra Vietnam bisa dimainkan. Elkan sudah merampungkan karantina pada Sabtu (18/12). Seperti diketahui, bek Ipswich Town itu mendapat perintah karantina selama lima pada 13 Desember karena satu pesawat dengan penumpang yang dilaporkan positif COVID-19 varian Omicron.

"Elkan bisa bermain. Egy Maulana Vikri mungkin bisa main kalau kami lolos penyisihan grup ini. Untuk Evan Dimas tidak ada masalah. Para pemain kondisinya semua baik. Walau ada cedera tapi ringan dan bukan cedera yang berpengaruh ke pertandingan."

Ada kemungkinan Elkan Baggott dimainkan dan diduetkan dengan Alfeandra Dewangga atau Fachruddin Aryanto. Artinya, Shin Tae-yong memakai dua bek tengah tak seperti di laga kontra Vietnam, yang memang menerapkan permainan bertahan dengan tiga bek tengah.

Sementara itu, Timnas Malaysia akan berusaha untuk mencetak gol cepat. Permainan menyerang akan diperagakan sejak awal pertandingan.

"Saya menganalisis pertandingan Indonesia. Tim pelatih Indonesia pun demikian. Poin utama dari tim yakni bermain sepak bola menyerang, berpikir menyerang. Kami tahu setiap gol penting buat kami, tetapi kami harus fokus juga bertahan terutama ketika kehilangan bola," kata pelatih Malaysia, Tan Cheng Hoe.

"Saya tidak tahu bagaimana Indonesia bermain, apakah bertahan atau menyerang. Paling penting fokus, karena kami tahu transisi Indonesia cepat."

Malaysia mendapat tenaga dengan kehadiran Dion Cools. Sementara tiga pemain yang sebelumnya dinyatakan positif COVID-19 Khairulazhan Khalid, Faisal Halim, Quentin Cheng sudah mengikuti program tim, disusul pemain andalan Akhyar Rashid.

Dion Cools yang merupakan penggawa FC Midtjylland kemungkinan dimainkan di lini pertahanan dan diduetkan dengan Dominic Tan, sekaligus untuk menggantikan Aidil Zafuan dan Shahrul Saad yang diragukan karena sebelumnya mengalami cedera.

"Kunci dari pertandingan, kami harus fokus. Jangan terganggu situasi di lapangan. Saya harap pemain punya pikiran positif dan mendapat hasil baik melawan Indonesia," terang Tan Cheng Hoe.

5 Pertemuan Terakhir:

19 Nov 2019: Malaysia 2-0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia)

05 Sep 2019: Indonesia 2-3 Malaysia (Kualifikasi Piala Dunia)

06 Sep 2016: Indonesia 3-0 Malaysia (Persahabatan)

14 Sep 2014: Indonesia 2-0 Malaysia (Persahabatan)

01 Des 2012: Malaysia 2-0 Indonesia (Piala AFF)

5 Laga Terakhir Timnas Indonesia

15 Des 2021: Indonesia 0-0 Vietnam (Piala AFF)

12 Des 2021: Laos 1-5 Indonesia (Piala AFF)

09 Des 2021: Indonesia 4-2 Kamboja (Piala AFF)

25 Nov 2021: Indonesa 4-1 Myanmar (Persahabatan)

16 Nov 2021: Afghanistan 1-0 Indonesia (Persahabatan)

5 Laga Terakhir Timnas Malaysia

12 Des 2021: Vietnam 3-0 Malaysia (Piala AFF)

09 Des 2021: Malaysia 4-0 Laos (Piala AFF)

06 Des 2021: Kamboja 1-3 Malaysia (Piala AFF)

09 Okt 2021: Uzbekistan 5-1 Malaysia (Persahabatan)

06 Okt 2021: Yordania 4-0 Malaysia (Persahabatan)

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata (GK), Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Elkan Baggott, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Evan Dimas Darmono, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Irfan Jaya, Ezra Walian

Malaysia: Khairul Fahmi (GK), Rizl Ghazali, Dion Cools, Dominic Tan, Syahmi Safari, Baddrol Bakhtiar, Safawi Rasid, Mukhairi Ajmal Mahadi, Syafiq Ahmad, Arif Aiman, Guilherme de Paula. (BolaSkor)

#Breaking #Piala AFF
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan