Kualifikasi Piala Dunia 2026

Prediksi Irak vs Indonesia: Ujian Berat di Negeri 1001 Malam

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 16 November 2023
Prediksi Irak vs Indonesia: Ujian Berat di Negeri 1001 Malam
Timnas Indonesia. Foto: PSSI

MerahPutih.com - Tim Nasional (Timnas) Indonesia memulai perjuangannya di ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi Irak di Basra International Stadium, Basra, Kamis (16/11) malam WIB.

Skuad Garuda diharapkan bisa menampilkan permainan yang baik dan membawa pulang poin dari markas Irak. Meskipun demikian, laga ini menjadi ujian berat Indonesia, apalagi skuad Lions of Mesopotamia mendapatkan dukungan dari 65.000 pendukungnya.

Baca Juga

Jadwal Siaran Langsung Irak vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jelang pertandingan, banyak pihak yang mengunggulkan Irak mengingat kiprah mereka di kancah Asia yang lebih berkilau dibanding Indonesia. Dari sisi peringkat, Irak pin lebih baik.

Rangking FIFA skuad asuhan Jesus Casas itu berada di posisi 68, sedangkan Indonesia menempati peringkat 145

Namun, apa yang ada di atas kertas itu belum tentu terjadi di lapangan. Apalagi Indonesia pun perlahan namun pasti, terus menunjukkan perkembangan positif sejak ditangani oleh Shin Tae-yong.

Indonesia akan mencoba memperbaiki rekor pertemuan mereka menghadapi Irak, karena dari 11 pertemuan sebelumnya, skuad Garuda hanya mencatatkan dua kemenangan, tiga hasil imbang dan menelan enam kekalahan.

Pada dua pertemuan terakhir kedua tim di ajang kualifikasi Piala Asia 2015, Indonesia tercatat menelan dua kali kekalahan dari Irak.

Ketika itu Indonesia takluk dengan skor 0-1 ketika berstatus sebagai tim tamu, sedangkan saat menjadi tuan rumah, Boaz Solossa serta kolega kalah 0-2 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Asia 2015 bersama Arab Saudi dan Tiongkok, Indonesia akhirnya menempati posisi juru kunci, sementara Irak lolos ke putaran final dengan menempati peringkat kedua.

Baca Juga

Welber Jardim Kenal Sepak Bola Sejak Usia 2 Tahun, Sempat Gabung Tim Futsal Palmeiras

Hasil terbaik Indonesia ketika menghadapi Irak adalah ketika meraih kemenangan dengan skor telak 3-0 pada turnamen Piala Kemerdekaan di Jakarta, 23 tahun silam.

Pada partai final yang digelar Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 3 September 2000, Indonesia mampu menang dengan skor 3-0 berkat gol yang dicetak oleh Aji Santoso, Bima Sakti dan Gendut Doni.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan tim asuhannya akan menampilkan permainan terbaik meski bermain di kandang lawan.

Shin meminta anak-anak asuhnya untuk tampil tanpa beban serta menikmati setiap menit demi menit jalannya laga agar dapat menampilkan performa terbaik.

Pelatih asal Korea Selatan itu menambahkan, jika dirinya tidak terlalu peduli dengan rekor pertemuan kedua tim sebelumnya.

"Irak adalah tim yang kuat dan memiliki pemain bagus. Kami akan mencoba yang terbaik dalam permainan," ujar Shin.

"Jujur, saya tidak tahu statistik historis. Tapi apa yang terjadi adalah masa lalu, biarlah berlalu. Indonesia sekarang punya pelatih baru yang akan mencoba mengubah sepak bola di sana. Nanti Anda bisa lihat pada pertandingan besok," sambungnya.

Prediksi susunan pemain

Irak: Jalal Hassan, Merchas Doski, Ali Adnan, Frans Putros, Ibrahim Bayesh, Amir Al-Ammari, Ahmad Allee, Hussein Ali Al-Saedi, Ali Jasim, Bashar Resan, Mohanad Ali.

Indonesia: Nadeo Argawinata, Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani, Rafael Struick, Dimas Drajad, Ramadhan Sananta. (*)

Baca Juga

Rekor Pertemuan Irak vs Indonesia: Skuad Garuda Baru 2 Kali Menang

#Breaking #Piala Dunia #Kualifikasi Piala Dunia Asia #Olahraga #PSSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan