Piala Eropa 2020

Prediksi Inggris Vs Kroasia: Ajang Balas Dendam The Three Lions

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 13 Juni 2021
Prediksi Inggris Vs Kroasia: Ajang Balas Dendam The Three Lions
Inggris Vs Kroasia di Nations League 2018-19 di Wembley. Foto: BBC Sport/PA

MerahPutih.com - Kekalahan dari Kroasia di Piala Dunia 2018 masih belum bisa dilupakan timnas Inggris. Saat itu, The Three Lions tumbang 1-2 dari negara pecahan bekas Yugoslavia itu pada babak perpanjangan waktu.

Inggris sempat membalas kekalahan empat tahun lalu saat menang 2-1 atas Kroasia di Nations League 2018-2019. Namun, juara Dunia 1966 ini ingin menyelesaikan dendam tersebut di di Stadion Wembley nanti malam untuk menunjukkan mereka superior terhadap Kroasia.

Baca Juga

Bidik Gelar Juara, Deschamps Peringatkan Timnas Prancis

Tim Tiga Singa bisa membanggakan rapor selama memainkan turnamen besar di Wembley sebelumnya yang tak pernah kalah. Dan kali ini Wembley lebih istimewa lagi karena jika segalanya mulus Inggris bisa memainkan enam pertandingan di sini, termasuk final.

Timnas Inggris. Foto: Twitter/@england

Sempat diliputi kekhawatiran mengenai cedera Harry Maguire, Inggris mendapatkan suntikan semangat setelah kapten Manchester United itu sudah bergabung lagi berlatih dengan tim.

Kabar ini menyemangati barisan belakang Inggris sekalipun pelatih Gareth Southgate tak kekurangan opsi dalam posisi ini, termasuk menduetkan bek tengah John Stones dengan bek tengah Aston Villa Tyrone Mings, atau memasang tiga bek tengah yang diapit dua bek sayap.

Southgate juga mungkin tak bisa memasukkan Jordan Henderson di tengah karena cedera, tapi dia masih memiliki Declan Rice untuk menambal ketidakhadiran Henderson, baik itu untuk dibiarkan beroperasi sendirian atau disandingkan dengan Kalvin Philips.

Lini lainnya seperti aman-aman saja. Kapten Harry Kane tetap memimpin unit serangan, dan kemungkinan bermitra dengan Marcus Rashford dan Raheem Sterling. Yang paling menarik adalah nasib tiga gelandang kreatif mereka; Phil Foden, Mason Mount dan Jack Grealish, apakah dimainkan bersama atau dicicil diturunkan.

“Entah kami bermain bersama pemain sayap dalam (formasi) 4-3-3, para nomor 10 dalam 3-4-3, dengan dua pemain sayap dan seorang nomor 10 dalam 4-2-3-1, kami memiliki pemain-pemain yang amat menarik pada slot depan yang bisa memenangi pertandingan,” kata Southgate seperti dikutip Reuters.

Baca Juga

Klasemen Sementara Grup B Piala Eropa 2020: Belgia Kokoh di Puncak

Yang pasti akhir menyesakkan dada semifinal Piala Dunia 2018 masih menghantui Inggris, apalagi salah satu pemain Kroasia yang membuat luka Inggris siap bermain lagi walau sudah dimakan usia. Luka Modric memang sudah berusia 35 tahun, tapi dia tetap ancaman, bersama dengan mitranya yang gelandang tangguh dari Chelsea, Mateo Kovacic.

Gareth Southgate tetap memandang tinggi Kroasia. Meski ia percaya kemenangan bakal diraih.

"Mereka adala tim yang sangat berpengalaman, dengan pemain luar biasa, mentalitas hebat, semangat luar biasa, dan dapat beradaptasi secara taktis, jadi mereka benar-benar tantangan besar bagi kami di laga pertama. Tapi kami tahu kami bisa mengalahkan mereka."

Timnas Kroasia

Adapun Zlatko Dalic mengatakan bahwa, "Inggris merupakan salah satu favorit memenangkan Euro. Mereka punya tim yang sangat baik, banyak pemain top, terutama di serangan. Kami harus menghentikan mereka dan itu tidak mudah, terutama di Wembley".

"Tujuan pertama dan utama kami adalah lolos dari babak penyisihan grup. Kami harus berpikir selangkah demi selangkah, tapi saya tidak melihat jauh saat ini. Pertama, kami harus melakukan segalanya untuk mencapai fase gugur,"

Head to Head

18 November 2018: Inggris 2-1 Kroasia (UEFA Nations League)

12 Oktober 2018: Kroasia 0-0 Inggris (UEFA Nations League)

11 Juli 2018: Kroasia 2-1 Inggris – FIFA World Cup semifinals)

9 September 2009: Inggris 5-1 Kroasia (FIFA World Cup qualifying)

10 September 2008: Kroasia 1-4 Inggris (FIFA World Cup qualifying)

Prakiraan Susunan Pemain

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Mings, Shaw; Rice, Phillips; Sterling, Mount, Grealish; Kane

Kroasia: Livakovic; Vrsaljko, Vida, Caleta-Car, Barisic; Kovacic, Brozovic, Modric; Rebic, Petkovic, Perisic

Prediksi MerahPutih.com: Inggris 60-40 Kroasia.

Baca Juga

Inggris Vs Kroasia, Teka-teki Barisan Depan Pilihan Southgate

#Piala Eropa #Piala Eropa 2020 #Timnas Inggris #Timnas Kroasia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan