Prediksi Cuaca BMKG Saat Natal dan Tahun Baru Petugas tengah mengamati monitor prakiraan cuaca di gedung pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Jakarta, Rabu, (13/12). (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi, Klimotologi, dan Geofisika (BMKG) mempredikdi cuaca di Sulawesi Selatan pada perayaan Natal 25-26 Desember 2017 dalam konsisi cerah berawan.

"Khusus untuk periode libur Natal kondisi cuaca pada umumnya cerah berawan," kata Kepala Balai BMKG Wilayah IV Makassar A Fachri Radjab, seperti dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/12).

Meski demikian, Fachri mengatakan, wilayah Sulawesi Selatan bagian Utara dan wilayah Pesisir Barat tetap berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi pada siang dan malam hari.

Menurutnya, diakui dalam beberapa hari terakhir kondisi cuaca di beberapa wilayah Sulsel terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Kondisi ini, kata dia, disebabkan adanya daerah pertemuan angin diatas wilayah Sulsel dan bertiupnya angin Baratan yang membawa uap air penyebab tumbuhnya awan dan hujan.

Sehingga diprakirakan pada beberapa hari kedepan, intensitas dan distribusi curah hujan di wilayah Sulawesi Selatan cenderung mengalami penurunan.

Sementara, prospek Kondisi cuaca di Sulsel pada Hari Natal 2017 diperkirakan cerah berawan. Kemudian pada Tahun Baru 2018 kondisi cuaca akan berubah diperkirakan hujan.

Selain itu, pada saat malam pergantian tahun diprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi pada siang dan malam hari dapat terjadi di wilayah Kabupaten Tana Toraja, Toraja Utara, Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Gowa dan Kota Makassar. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH