Piala Dunia 2022

Prediksi Argentina Vs Kroasia: Pertarungan Demi Tiket Final

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 13 Desember 2022
Prediksi Argentina Vs Kroasia: Pertarungan Demi Tiket Final
Laga Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2018. Foto: Twitter

MerahPutih.com - Tim Nasional (Timnas) Argentina akan berjumpa dengan Kroasia pada laga semifinal Piala Dunia 2022. Kedua tim bakal bertanding di Lusail Stadium, Lusail, Rabu (14/12) dini hari WIB. Kedua tim bertekad meraih kemenangan demi tiket ke final.

La Albiceleste diunggulkan pada pertandingan nanti. Namun, Lionel Messi dan kawan-kawan pantang meremehkan Kroasia. Sebab, dalam dua laga terakhir, Luka Modric cs sukses meredam perlawanan Jepang dan Brasil.

Baca Juga

Semifinal Piala Dunia 2022: Argentina Tahu Titik Lemah Kroasia

Apalagi, Argentina punya kenangan buruk kontra Kroasia. Pada fase grup Piala Dunia 2018, Argentina dipecundangi Kroasia 0-3 melalui gol Ante Rebic, Luka Modric, serta Ivan Rakitic.

Argentina kemungkinan memasang formasi 4-3-3 di mana Emiliano Martinez kembali menjaga gawang yang akan dilindungi duo bek tengah, Cristian Romero dan Nicolas Otamendi. Sementara Nahuel Molina akan mengisis sayap kanan pertahanan yang berseberangan dengan Nicolas Tagliafico yang berperang sebagai bek kiri.

Di lini tengah, Rodrigo de Paul yang menjadi pemain paling sibuk dan memiliki daya jelajah lari paling tinggi dalam skuad Argentina, akan bermitra dengan Enzo Fernandes dan Alexis Mac Allister.

Laga Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2018. Foto: Twitter

Jika de Paul bekerja keras mencari, merebut dan mendistribusikan bola, maka Mac Allister dan Fernandez akan menjadi tenaga-tenaga kreatif yang diperlukan untuk memecah konsentrasi Kroasia dan membuka ruang kepada tim serang.

Di lini depan itu, Lionel Messi diperkirakan bermain di tengah yang diapit Julian Alvarez di kiri dan Angel di Maria di kanan. Dalam kata lain, Messi yang menjadi pencetak gol terbanyak dan pencipta peluang terbanyak Argentina akan menjadi jantung serangan Albiceleste.

Kroasia sendiri bebas dari masalah cedera, sehingga pelatih Zlatko Dalic bisa menurunkan siapa pun. Dia dipastikan memasang kekuatan penuh guna melawan Argentina.

Finalis Piala Dunia 2018 juga mungkin memasang formasi 4-3-3 di mana kiper Dominik Livakovic kembali dilindungi sistem empat bek pimpinan duo bek tengah, Josko Gvardiol dan Dejan Lovren di jantung pertahanan Kroasia.

Baca Juga

Piala Dunia 2022: Timnas Kroasia Tak Masalah dengan Label Tim Non Unggulan

Sementara kedua sayap pertahanan akan ditempati Borna Sosa sebagai bek kiri dan Josip Juranovic di sisi kanan. Kuartet pertahanan itu sudah siap menjinakkan Lionel Messi dan mitra-mitranya.

Tiga lini tengah Kroasia kembali akan diisi trio Luka Modric, Marcelo Brozovic, dan Mateo Kovacic. Brozovic akan berperang cenderung lebih defensif, sementara Kovacic dan Modric ditugaskan lebih kreatif lagi dalam membantu serangan dan menciptakan peluang.

Di sepertiga akhir lapangan, Ivan Perisic dan Mario Pasalic akan menjadi starter dalam posisi yang lebih melebar di kedua sayap serangan. Sedangkan Bruno Petkovic berada di tengah serangan Kroasia.

Statistik

1. Laga nanti jadi pertemuan ketiga Kroasia dan Argentina di Piala Dunia - pertama di fase gugur. Argentina menang 1-0 (1998) dan kemudian kalah 0-3 (2018) kontra Kroasia.

2. Argentina tak pernah kalah di semifinal sebelumnya. Jika lolos ke final maka itu jadi final Piala Dunia keenam, terbanyak kedua setelah Jerman (delapan kali).

3. Kroasia finalis Piala Dunia 2018 dan bisa jadi negara keempat Eropa yang lolos beruntun ke final Piala Dunia, setelah Italia (1934 dan 1938), Belanda (1974 dan 1978), dan Jerman (1982, 1986, 1990).

4. Argentina hanya sekali menang dari tujuh laga Piala Dunia melawan tim-tim Eropa (imbang tiga kali dan kalah tiga kali).

5. Jika menang Kroasia akan mengikuti jejak Jerman (2014) sebagai tim kedua yang menyingkirkan Brasil dan Argentina di fase gugur pada satu edisi Piala Dunia.

Laga Argentina vs Kroasia di Piala Dunia 2018. Foto: Twitter

Prakiraan susunan pemain:

Timnas Argentina (4-3-3): Emiliano Martinez; Nicolas Tagliafico, Nicolas Otamendi, Cristian Romero, Nahuel Molina; Alexis Mac Allister, Enzo Fernandez, Rodrigo De Paul; Julian Alvarez, Lionel Messi, Angel Di Maria

Timnas Kroasia (4-3-3): Dominik Livakovic; Borna Sosa, Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic; Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic, Luka Modric; Ivan Perisic, Bruno Petkovic, Mario Pasalic.

Prediksi: Argentina 55-45 Kroasia. (*)

Baca Juga

Analisis - Menilik Kekuatan dan Kekurangan Semifinalis Piala Dunia 2022

#Piala Dunia #Piala Dunia 2022
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan