Musik

'Preambule', Selangkah Menuju Album Baru The Brandals

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Jumat, 12 November 2021
'Preambule', Selangkah Menuju Album Baru The Brandals
The Brandals rilis single terakhir menuju album baru. (Foto: Istimewa)

TINGGAL hitungan hari saja menuju momen perilisan album baru The Brandals. Sebelum sampai sana, band yang dikepalai oleh Eka Annash ingin merayakan Hari Pahlawan Nasional dengan satu nomor terakhir, sebelum melepas album penuh Desember nanti berjudul Preambule.

Istilah Preambule merupakan judul pembukaan dari Undang Undang Dasar 1945 yang menjadi pedoman negara Indonesia.

Baca juga:

The Brandals Rayakan Perilisan Single ‘Belum Padam’ dengan Virtual Showcase

“Lagu ini mengangkat gambaran skenario terburuk yang bisa terjadi di Indonesia, kalau kita sebagai warga RI gagal menjaga persatuan dan kesatuan,” ucap Eka dalam keterangan resmi yang diterima Merah Putih, Kamis (11/10).

Dari segi lirik, Eka kembali bernarasi tentang fenomena sosial dan politik yang terjadi belakangan ini. Mulai dari berbagai manuver kebijakan pemerintah yang kerap kali menuai opini keras publik, pasifnya wakil rakyat, kekerasan apparat dan militer, perusakan lingkungan serta berbagai isu lainnya.

Bagi The Brandals sendiri, tema tersebut bukan hal baru. Terihat dari album terdahulunya mereka seringkali mewakili suara keresahan dan kegelisahan sesama rakyat. Band yang sudah tebentuk sejak 2001 ini benar-benar ingin menyampaikan pesan tentang pentingnya persatuan.

“Melihat banyak krisis besar di berbagai lini kehidupan yang makin ekstrim karena pandemi selama dua tahun terakhir, pesan yang ingin kami sampaikan benar-benar ingin menyadarkan persatuan itu harus dijaga, untuk mengurangi dampak deskruktif dalam skala yang lebih besar bisa saja terjadi,” tambah Eka.

Baca juga:

Reality Club Bicara soal Keyakinan di Single ‘Tell Me I’m Wrong’

'Preambule', Selangkah Menuju Album Baru The Brandals
Artwork single 'Preambule'. (Foto: Istimewa)

Dari sisi produksi, lagu Preambule ternyata merupakan hasil kerja keras band selama empat tahun kebelakang. Lagu yang dikerjakan secara intens ini telah melalui proses panjang dalam penyelesaian repertoire album.

Dari departemen mixing dan mastering, lagu ini masih dipegang oleh Harmoko Aguswan. Tak hanya itu, Henry Foundation dari Goodnight Electric juga memberi sentuhan suara modular dan menambah nuansa ‘mimpi buruk masa depan’ pada lagu Preambule.

Preambule menjadi perwakilan karakter The Brandals yang lebih variative, eklektik dan berwarna di album baru nanti. Album yang menjadi akumulasi perjalanan artistic The Brandals dari era awal hingga saat ini,” tutup Eka. (far)

Baca juga:

Vicky Mono Rayakan Hari Pahlawan dengan Merilis Single 'Jamrud Dunia'

#Musik #Musik Indonesia #Musisi Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan