Prasasti Penghormatan Tenaga Medis Melawan COVID-19 Bakal Dibangun di JPO Sudirman

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Minggu, 31 Januari 2021
Prasasti Penghormatan Tenaga Medis Melawan COVID-19 Bakal Dibangun di JPO Sudirman
Masyarakat yang melakukan aktivitas di JPO Sudirman Jakarta Pusat di malam hari, Rabu (6/11/2019) (ANTARA/Livia Kristianti)

Merahputih.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana merevitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sudirman Tahap 2, di area CBD Karet Sudirman bersamaan dengan revitalisasi 3 JPO sebelumnya. Namun, pelaksanaan revitalisasi di JPO Karet Sudirman sempat tertunda karena pandemi COVID-19.

"Revitalisasi JPO Karet Sudirman merupakan kelanjutan dan kesatuan paket pembiayaan sebelum pandemi," ujar Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal Yusmada pada wartawan, (31/1).

Baca Juga:

Pengamat Kritik Anies Hanya Pikirkan JPO Sudirman-Thamrin Bukan Kalianyar

Terdapat beberapa hal yang mendasari revitalisasi JPO Karet Sudirman tersebut. Diantaranya adalah untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pejalan kaki dan pengguna jalan.

JPO ini penting untuk dilakukan pembenahan dengan penguatan struktur jembatan. Karena, struktur gelagar jembatan mengalami deformasi berlebihan.

"Jadi bila kita melintas di jembatan, akan terasa bergetar," tambah Yusmada.

JPO Sudirman yang sudah dibuka bagian atapnya, Rabu (6/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)
JPO Sudirman yang sudah dibuka bagian atapnya, Rabu (6/11/2019). (ANTARA/Livia Kristianti)

Sehingga, perlu ada beberapa fasilitas tambahan untuk memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas dan pengguna jalan berkebutuhan khusus. Akan disediakan lift untuk memudahkan penyandang disabilitas.

Selain itu juga dilakukan pelebaran dan perbaikan kelandaian. Karena lebar ramp atau tangga jembatan yang sempit dan curam, seringkali menimbulkan antrean panjang para pengguna jasa bus Transjakarta.

Revitalisasi JPO Karet Sudirman juga ditujukan untuk peningkatan pelayanan mobilitas aktif, yaitu pejalan kaki dan pesepeda dengan tujuan besar untuk mendorong penggunaan moda transportasi emisi rendah.

Baca Juga:

Pimpinan DPRD Minta Anies Klarifikasi Soal Nasib Formula E

Sebagai pengingat momen bersejarah Ibu Kota, JPO Karet Sudirman akan dilengkapi prasasti penghormatan kepada tenaga kesehatan yang telah berkorban dan berjuang melawan wabah pandemi COVID-19.

Akan dibangun juga Anjungan Pandang Jakarta yang menunjukkan perkembangan Jakarta dulu, kini, dan nanti. (Knu)

#Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) #COVID-19
Bagikan
Bagikan