Praperadilan Setnov Jilid II, KPK Bawa 4 Kardus dan 1 Koper Barang Bukti Tersangka kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto (kedua kanan). (ANTARA FOTO)

MerahPutih.com - Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kembali menggelar sidang praperadilan yang diajukan Setya Novanto atas statusnya sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada hari ini, Jumat (8/12).

Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan jawaban dari KPK dan keterangan saksi dari pihak Setnov, serta penyerahan barang bukti. Pihak KPK membawa sejumlah barang bukti yang ditempatkan di empat kardus coklat dan satu koper besar.

Sidang praperdilan jilid II Ketua Umum Partai Golkar nonaktif itu dimulai tepat waktu pada pukul 09.00 WIB dan dipimpin Hakim tunggal Kusno yang juga merupakan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sebelumnya, Hakim Kusno menyinggung soal bukti yang akan dibeberkan di sidang gugatan praperadilan itu. Menurutnya bukti harus ringkas dan tak usah terlalu menumpuk.

"Jangan kita dikasih bukti (setebal) 2 meter. Kapan bacanya itu, waktunya cuma 7 hari," ujar Kusno saat sidang praperadilan Setnov di Ruang Utama Prof H. Oemar Seno Adji, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, (7/12) kemarin.

Dalam penyampaian pemohon gugatan praperadilannya, pada Kamis (7/12), Kuasa hukum Setnov Ketut Mulya Arsana juga menyebut bahwa penetapan tersangka terhadap kliennya dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan e-KTP oleh lembaga antirasuah tidak sah.

Menurut Ketut, penetapan tersangka yang dilakukan KPK terhadap Ketua Umum Partai Golkar itu tidak memiliki landasan hukum. Sebab, kata dia, penetapan kedua terhadap Setnov memiliki kesamaan objek dan subjek materi perkara. (Pon)

Kredit : ponco


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


ipt> $.get('https://graph.facebook.com/?id=https%3A%2F%2Fmerahputih.com%2Fpost%2Fread%2Fpraperadilan-setnov-jilid-ii-kpk-bawa-4-kardus-dan-1-koper-barang-bukti', function(res){ $('.shared-count').html( res.share.share_count ); });