Prancis Memasuki Fase Ketiga Lockdown, Perbatasan Negara Mulai Dibuka Prancis memasuki fase ketiga lockdown (Foto: pixabay/walkerssk

BEBERAPA negara di Benua Biru terkena dampak yang paling parah dari pandemi Corona. Berbagai upaya pencegahan pun diberlakukan, termasuk protokol lockdown. Tapi, baru-baru ini Prancis dilaporkan telah memasuki fase ketiga lockdown dan mulai membuka perbatasan negara.

Baca juga:

Biar Traveling Lancar Setelah Pandemi Corona Berakhir, Lakukan Hal Ini

Melansir laman Forbes, Pada 22 Juni 2020 Prancis memasuki fase ketiga lockdown atau deconfinement. Membuka batas antar negara di Eropa, seluruh restoran, kafe dan bar sudah sejak 15 juni, bioskop, gedung olahraga, taman dan kasino. Langkah ini dilakukan pemerintah Prancis untuk menggerakan kembali roda perekonomian negara.

Namun, kembali dibukanya Prancis dilakukan tentu dengan protokol kesehatan yang telah di tetapkan. Beberapa hal ini wajib dilakukan ketika datang ke tempat-tempat umum di sana. Adapun hal-hal yang wajib dipatuhi di antaranya:

1. Menerapkan pembatasan sosial 1 meter

Prancis Memasuki Fase Ketiga Lockdown, Perbatasan Negara Mulai Dibuka
Pembatan sosial dinilai efektif (Foto: pixabay/Tumisu)

Setiap orang diminta berjaga jarak sejauh satu meter satu sama lain. Tujuannya tak lain yakni mengurangi risiko terpapar COVID-19 di tempat umum.

2. Wajib menggunakan masker ketika keluar rumah

Prancis Memasuki Fase Ketiga Lockdown, Perbatasan Negara Mulai Dibuka
Masker mencegah droplet (Foto: pixabay/OrnaW)

Diwajibkan menggunakan masker ketika memasuki transportasi umum seperti kereta, tram dan bus. Begitupun ketika berkunjung ke mal, karena banyak kios yang mewajibkan menggunakan masker ketika memasuki kios tersebut.

Baca juga:

Negara-Negara Baltik Ini Ikut Menerapkan 'Travel Bubble'

3. Dilarang Berciuman

Prancis Memasuki Fase Ketiga Lockdown, Perbatasan Negara Mulai Dibuka
Berciuman yang biasanya lazim kini dilarang di Prancis (Foto: pixabay/IMAGES-WS)

Masyarakat di Prancis memang terbiasa melakukan kegiatan romantis ini, dengan latar belakang Menara Eiffel atau sekadar menyapa kerabat dekat. Cipika-cipiki juga dilarang.

4. Berkumpul tidak boleh lebih dari 10 orang

Prancis Memasuki Fase Ketiga Lockdown, Perbatasan Negara Mulai Dibuka
Berkumpul tidak boleh lebih dari 10 orang (Foto: pixabay/www_slon_pics)

Hal ini wajib diikuti bagi masyarakat Prancis yang hendak pergi ke cafe atau mal. Namun, karena adanya isu #blacklivesmatter hal itu dikecualikan bagi demonstran di sana, begitupun acara pemakaman yang juga dikecualikan.

5. Traveler dari luar Eropa tidak anjurkan berkunjung ke Prancis

Prancis Memasuki Fase Ketiga Lockdown, Perbatasan Negara Mulai Dibuka
Bagi warga negara diluar eropa, tidak dianjurkan mengunjungi prancis (Foto: pixabay/JoshuaWoroniecki)

Tidak seperti negara eropa lainnya, Prancis tidak sepenuhnya menutup kunjungan traveler dari luar Eropa. Namun ada persyaratan yang wajib dimiliki pelancong ketika ingin mengunjungi Prancis. Yakni une attestation de déplacement internationale atau sertifikat kesehatan yang dikeluarkan dubes Prancis. (ray)

Baca juga:

Dijuluki "Kota Hantu", Intip Potret Sebelum dan Sesudah Wabah Virus Corona



Ananda Dimas Prasetya