Prancis Kampiun Piala Dunia 2018 Champions France. Foto: @equipedefrance

MerahPutih.com - Prancis menjadi kampiun Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 pada partai final yang dihelat di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7) malam WIB.

Pertandingan kedua tim berjalan sengit sejak kick-off babak pertama. Pada menit ke-18, Prancis merobek gawang Kroasia melalui gol bunuh diri Mario Mandzukic. Bola hasil tendangan bebas Antoine Griezmann mengenai kepala Mandzukic dan bola masuk ke dalam gawang sendiri.

Prancis v Kroasia. Foto: Official FIFA

Tertinggal, Kroasia bermain lebih agresif. Hasilnya, di menit ke-28, anak asuh Zlatko Dalic mampu menyamakan kedudukan melalui Ivan Perisic.

Memanfaatkan umpan Domagoj Vida, gelandang Inter Milan itu melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti yang gagal diantisipasi Prancis, Hugo Lloris di menit 28.

Ivan Perisic. Foto: Official FIFA

Pertandingan sempat terhenti sejenak setelah wasit memutuskan untuk melihat tayangan ulang melalui Video Assitant Refree (VAR) karena Perisic dianggap handball di kotak penalti.

Setelah melihat tayangan ulang, wasit memutuskan memberikan penalti kepada Prancis. Griezmann yang maju sebagai ekskutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Skor 2-1 untuk kemenangan sementara Les Blues bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Prancis yang tertekan langsung menerapkan permainan bertahan dan sesekali melakukan serangan balik. Taktik ini berbuah manis. Paul Pogba menggandakan keunggulan Les Bleus menjadi 3-1 di menit ke-59.

Paul Pogba. Foto: Official FIFA

Prancis memperbesar keunggulan pada menit ke-65. Kali ini Kylian Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor. Tendangan keras stiker Paris Saint-Germain itu dari luar kotak penalti tidak bisa diantisipasi oleh Subasic.

Empat menit kemudian, Kroasia mampu memperkecil kedudukan melalui Mandzukic usai memanfaatkan blunder Lloris di dalam kotak penalti.

Gol Mario Mandzukic. Foto: Official FIFA

Hingga pertandingan usai, skor 4-2 untuk kemenangan Les Blues tetap tidak berubah. Prancis keluar sebagai juara untuk kedua kalinya sejak 1998.

Susunan pemain:

Prancis: Hugo Lloris (gk); Raphael Varane, Samuel Umtiti, Hernandez, Ben Pavard, Paul Pogba, N'Golo Kante (N'Zonzi 55'), Blaise Matuidi (Tolisso 73'), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe, Olivier Giroud (Nabil Fekir 81')

Kroasia: Danijel Subasic, Domagoj Vida, Ivan Strinic (Pjaca 81'), Dejan Lovren, Sime Vrsaljko, Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic, Ante Rebic (Kramaric 71'), Luka Modric, Mario Mandzukic



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH