Prakiraan Cuaca: Sejumlah Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 20 Juli 2022
Prakiraan Cuaca: Sejumlah Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini
Ilustrasi - Pengendara menerobos hujan lebat saat melintas di jalan protokol Palembang. (ANTARA/Nova Wahyudi)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat terhadap potensi hujan dengan beragam intensitas turun di sejumlah wilayah di tanah air yang dapat disertai angin kencang dan kilat atau petir.

Dikutip Antara, Rabu (20/7), terdapat sejumlah daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat pada hari ini yaitu di Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Hujan lebat yang dapat disertai angin kencang serta kilat atau petir juga dapat turun di wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga:

BMKG Prakirakan Cuaca Jakarta Berawan Sepanjang Pagi, Hujan saat Memasuki Siang

Sementara hujan dengan intensitas lebih ringan berpotensi terjadi di daerah Riau, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat.

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprakirakan hujan berintensitas sedang diprakirakan turun di wilayah Jakarta Barat dan hujan ringan di Jakarta Selatan pada siang hari. Sementara cuaca cerah berawan berpotensi terjadi di wilayah lain ibu kota.

Baca Juga:

Rekomendasi Aplikasi Prakiraan Cuaca Untuk Android dan iOS

BMKG juga memperingatkan sejumlah wilayah di Indonesia masuk dalam kategori waspada dampak hujan lebat seperti banjir yaitu Sumatera Selatan, Lampung dan Kepulauan Bangka Belitung dalam prakiraan cuaca berbasis dampak yang berlaku dari pagi ini sampai 21 Juli 2022 pukul 07.00 WIB.

Kategori waspada dampak hujan lebat juga berlaku untuk Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua. (*)

Baca Juga:

Prakiraan Cuaca Jakarta, Sebagian Wilayah Diguyur Hujan

#Prakiraan Cuaca #BMKG
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan