Prajurit TNI Gugur Ditembak KKB Papua, Korban Anggota Koramil Yalimo

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 31 Maret 2022
Prajurit TNI Gugur Ditembak KKB Papua, Korban Anggota Koramil Yalimo
Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang. (ANTARA/Marius Frisson Yewun)

MerahPutih.com - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua kembali beraksi. Kali, Sertu Eko, anggota Koramil Yalimo, gugur menjadi korban penembakan di kawasan Elelim, Kabupaten Yalimo, Papua.

Tragedi penembakan KKB yang memakan korban itu dibenarkan pihak TNI. "Memang benar ada insiden penembakan yang menewaskan anggota Koramil Yalimo dan saat ini sedang dilidik," kata Dandim 1702 Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang, saat dihubungi dari Jayapura, dikutip Antara, Kamis (31/3).

Baca Juga:

KKB Serang Pos Marinir dengan GLM, Seorang Prajurit Meninggal Dunia

Bukan kali ini saja anggota TNI menjadi korban penembakan KKB Papua. Sabtu (26/3) sore pekan lalu, KKB pimpinan Egianus Kogoya, menyerang Pos Satgas Mupe Yonif Marinir-3 di Kwareh Bawah, Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Penyerangan dengan menggunakan grenade launcher module (GLM) atau senjata pelontar granat tersebut menyebabkan 9 prajurit terluka, dan seorang lagi yakni Danpos Lettu Iqbal meninggal dunia.

Baca Juga:

Delapan Pegawai PTT yang Ditembak Mati KKB Raih Penghargaan Kehormatan

Tiga hari kemudian, Satuan Tugas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) Ops Damai Cartenz menembak pentolan KKB Ndeotadi, Toni Tabuni, karena melakukan perlawanan saat penangkapan. Sebelumnya, Toni Tabuni sudah beberapa kali terlibat kontak senjata dengan TNI atau Polri yang bertugas di Papua

Toni Tabuni diketahui terlibat serta berperan dalam beberapa aksi teror kejahatan KKB, di antaranya melakukan aksi kekerasan terhadap aparat serta merampas senjata. Bahkan, pentolan KKB itu juga disebut terlibat dalam tindak kejahatan pembakaran bandara di Papua. (*)

Baca Juga:

Polri Tembak Mati Pentolan KKB Papua

#Breaking #Papua #Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB)
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan