Prajurit Satgas Konga UNIFIL Diminta Orientasi Medan Setibanya di Lebanon Prajurit Satgas Konga UNIFIL saat hendak bertolak ke Lebanon (PuspenTNI)

Merahputih.com - Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian Tentara Nasional Indonesia (PMPP TNI), Brigjen TNI Victor H. Simatupang secara resmi melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Kontingen Garuda (Konga) United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL) Lebanon TA 2018 gelombang 1 dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten ke Lebanon, Sabtu (1/12).

Dalam upacara pelepasan 238 personel Satgas Konga UNIFIL, dihadiri Asops Kasad Mayjen TNI Moch. Fachruddin, Waaslog Panglima TNI Brigjen TNI Kasim Genawi, Walikota Depok dan para pejabat PMPP TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Victor menyampaikan pesan kepada para Prajurit Satgas TNI Konga UNIFIL Lebanon TA 2018 agar selalu memperhatikan faktor keamanan dalam tugas misi pemeliharaan perdamaian dibawah bendera PBB di Lebanon.

"segera melaksanakan orientasi medan dan lingkungan sekitar tempat para prajurit bertugas, serta secepatnya menyesuaikan dengan iklim dan cuaca di Lebanon," kata Victor dalam keterangan tertulisnya, senin (3/12).

pasukan satgas konga UNIFIL TNI
Prajurit Satgas Konga UNIFIL yang hendak bertolak ke Lebanon (Puspen TNI)

Victor mengatakan, permintaan bantuan oleh kontingen negara lain harus dilaksanakan secara prosedural melalui Force Commander dan bukan permintaan langsung dari Kontingen negara lain ke Kontingen Garuda ataupun sebaliknya.

"Hal ini untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan" tambahnya.

Victor juga berpesan kepada prajurit agar mempelajari kembali mengenai tugas yang telah diberikan oleh para pejabat Mabes TNI, PMPP TNI dan termasuk dari PBB. "Jaga soliditas antar prajurit TNI, bawahan dan atasan, di daerah misi semua prajurit TNI adalah keluarga kalian," jelas Victor.

Satgas TNI Konga UNIFIL Lebanon TA 2018 gelombang 1 dengan kekuatan 238 personel ini dipimpinan oleh Kolonel Inf Aji Mimbarno. Sementara satgas ini mempunyai Komandan Satgas yang terdiri dari 7 Satgas meliputi Yonmek, FHQSU, MPU, FPC, MCOU, CIMIC dan Level II/Hospital dan ditambah dengan Satgas Military Staff Seceast UNIFIL.

Secara keseluruhan Satgas TNI Konga UNIFIL Lebanon TA 2018 berjumlah 1.170 personel dan direncanakan akan dibagi 5 gelombang pemberangkatannya menuju Lebanon dengan menggunakan pesawat PBB. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH