Prabowo Terjebak Narasi Besar Hingga Buat Jokowi Makin di Atas Angin

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 18 Februari 2019
Prabowo Terjebak Narasi Besar Hingga Buat Jokowi Makin di Atas Angin
Prabowo Subianto saat debat kedua (MP/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Analis politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai calon Presiden Nomor urut 01, Joko Widodo tampil penuh percaya diri, menguasai materi, dan sempat melakukan serangan terukur serta menohok pada Prabowo Subianto soal tanah ketika debat kedua yang digelar Minggu (17/2) malam.

Jokowi juga dinilai sudah terlihat lebih banyak belajar dari debat pertama soal konten debat, bahasa atau gaya tubuh, sehingga lebih lancar menyampaikan data dan memaparkan contoh sederhana untuk mudah dimengerti masyarakat kelas bawah.

"Jokowi semakin di atas angin ketika dalam beberapa kesempatan Prabowo malah menunjukkan 'persetujuan' dengan argumentasi Jokowi," ujar Pangi dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/2).

Sementara, Prabowo justru gagal menunjukkan tawaran alternatif kebijakan, serta sangat minim menyuguhkan data. Prabowo terjebak pada narasi besar yang tidak mampu dan gagap dioperasionalkan ke dalam program yang lebih detail.

Presiden Jokowi (MPb/Rizki Fitrianto)

memberikan contoh soal ketegasannya dalam soal penegakan hukum. Misalnya, dengan memberi contoh soal denda pada perusahaan yang merusak lingkungan.

"Jokowi langsung ke poin inti, menjelaskan dengan bahasa yang sangat sederhana sudah berapa kilometer jalan tol yang dibangun, irigasi, ratusan waduk di bangun dan proyek infrastruktur lainnya," ucap di dikutip Antara.

Di sisi lain dia mengatakan Jokowi tampil lebih ofensif, berbalik dengan Prabowo yang terkesan lebih bijak dan tak menyerang.

Dia menyontohkan ketika Jokowi menyerang soal kepemilikan tanah, Prabowo hanya mengklarifikasi tanah yang dikuasainya HGU milik negara dan bisa diambil kembali. (*)

#Jokowi #Prabowo Subianto
Bagikan
Bagikan