Prabowo Sebut 2025 Jakarta Tenggelam, Nasdem Desak Pemprov DKI Lakukan Ini

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 22 November 2018
Prabowo Sebut 2025 Jakarta Tenggelam, Nasdem Desak Pemprov DKI Lakukan Ini
Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus. Foto: Twitter.com

MerahPutih.com - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut bahwa kawasan Bunderan HI dan Istana Negara akan tenggelam pada tahun 2025 dari imbas naiknya air laut Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menanggapi pernyataan itu, Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk segera menyelesaikan pipanisasi bagi warga DKI Jakarta agar penggunaan air tanah di Ibu kota bisa dihentikan.

Karena menurut Bestari, penggunaan air tanah terus menerus dapat berimbas pada penurunan muka tanah.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. (MP/Asropih)

"Pam harus segera menyelesaikan tugas-tugasnya untuk pemasangan pipanisasi sehingga orang tidak memakai air bawah tanah. Air bawah tanah adalah salah satu penyebab yang paling utama sehingga terjadi penurunan level tanah," ujar Bestari di gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Kamis (22/11).

Saat ini masih ada 50 persen warga DKI menggunakan air tanah. Namun ,kata dia, masyarakat tidak bisa dilarang berhenti menggunakan air sebelum Pemprov DKI menemukan solusi yang tepat.

"Nah masyarakat enggak bisa dihentikan begitu saja menggunakan air bawah tanah karena Pam Jaya belum berhasil dikoordinasikan dengan Gubernur Anies Baswedan untuk memenuhi 50 persen ketersambungan pipanisasi ke rumah-rumah warga. Jadi masih gunakan air tanah, ya turunlah tanah," tuturnya.

Meski demikian, Bestari tak sejalan apa yang disampaikan oleh Prabowo bahwa tahun 2025 Jakarta akan tenggelam. Ia pun memprediksi fenomena itu akan terjadi pada 20 tahun kedepan.

"Jadi bisa saja potensi akan ada, tapi tidak 2025 lah. Kalau kita bilang 20 tahun ke depan, jika tidak melakukan apa-apa bisa saja terjadi," pungkasnya.

Gambaran Giant Sea Wall di Teluk Jakarta (@androramada)

Seperti diketahui, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mengatakan, air laut dari Tanjung Priok, Jakarta Utara akan sampai ke kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan Istana Negara pada 2025.

Menurut dia, fenomen itu terjadi karena perubahan iklim yang saat ini semakin parah terjadi.

"Diperkirakan air Tanjung Priok 2025 akan sampai pada (Hotel) Kempinski, Grand Hyatt. Bundaran HI, kenaikan air ini," ujar Prabowo saat menjadi pembicara di Economic Forum, Sangriila Hotel, Jakarta Pusat, Rabu (12/11) kemarin. (Asp)

#Partai Nasdem #Prabowo Subianto
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan