Prabowo-Sandi Klaim Raih 62 Persen, Pengamat Tantang Beberkan Bukti dan Fakta Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing (Foto: infonawacita.com)

MerahPutih.Com - Pengamat komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menantang BPN Prabowo-Sandi membuktikan klaim kemenangan 62 persen pasangan nomor urut 02 berdasarkan hitungan real count internal.

Menurut dia, bila benar Prabowo-Sandi menang 62 persen pihak BPN harus menjelaskan metodologi apa yang dipakai kepada publik.

"Beberkan bukti dan faktanya. Jika itu real count, dari berapa persen daerah yang sudah dilakukan perhitungan itu harus dibuktikan," ujar Emrus di Jakarta, Jumat (19/4).

Prabowo telah mendeklarasikan diri sebagai presiden dan wakil presiden tahun 2019-2024 berdasarkan penghitungan real tim internal BPN. Prabowo mengklaim telah mengantongi lebih dari 62 persen.

Prabowo memberikan pernyataan dengan membaca teks yang sudah disiapkan. Sementara wakilnya, Sandiaga yang berdiri di samping kiri tampak lebih banyak tertunduk.

Deklarasi ronde 2 kemenangan Prabowo-Sandi versi BPN di Kertanegara
Deklarasi ronde 2 kemenagan Prabowo-Sandi versi BPN di Kertanegara, Jakarta Selatan (Antaranews)

Emrus melanjutkan, jika klaim 02 itu merujuk pada hasil real count internal maka Prabowo-Sandi baru menang di TPS atau daerah yang menjadi objek perhitungan mereka.

Dengan begitu, kata Emrus Sihombing, tak logis jika Prabowo mengklaim menang dengan hanya berbekal hasil real count sebagian TPS dan daerah.

"(Real count internal) itu tidak bisa disamakan dengan quick count lembaga survei," tutur Emrus.

Hitung cepat lembaga survei Indonesia, lanjut dia, bisa dipertanggungjawabkan secara statistik, sebab menggunakan metodologi terukur, sample yang digunakan juga representatif, dan memiliki keterwakilan dengan populasi.

"Dan quick count ini sudah teruji di dunia," tegasnya.

Seperti diketahui, Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto mendeklarasikan kemenangannya dalam Pilpres 2019 dengan meraih suara 62 persen.

Menurut dia, hasil tersebut berdasarkan perhitungan hitung cepat (real count) yang dilakukan pihaknya di 320 ribu Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia.

"Saudara-saudara sekalian saya hanya ingin memberikan suatu update, bahwa berdasarkan real count kita, kita sudah berada pada posisi 62 persen," kata Prabowo di kediamannya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH