Prabowo-Sandi Keok di Jakarta, PDI Perjuangan: Warga Rasakan Dampak Kinerja Jokowi Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Sejumlah lembaga survei telah memaparkan hasil hitung cepat yang didominasi keunggulan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf atas paslon urut 02 Prabowo-Sandi di Provinsi DKI Jakarta.

Wakil Ketua bidang Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan DKI Gembong Warsono mengatakan kemenangan Jokowi-Ma'ruf di ibu kota tak terlepas dari kerja keras partai koalisi paslon nomor urut 01.

Adapun partai politik yang kompak berjuang memenangkan Jokowi-Ma'ruf, Partai Golkar, PSI, PKB, PKPI, PDI Perjuangan, NasDem, Perindo, dan PBB.

Menurut dia, keoknya Basuki Tjajahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat pada Pilkada DKI DKI 2017 lalu merupakan cambuk baginya untuk bekerja lebih giat lagi pada Pemilu tahun ini.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019
Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul dalam quick count sejumlah lembaga survei di Pilpres 2019 (antaranews)

"Soliditas itu yang mendongkrak suara pak Jokowi dalam Pileg maupun pilpres di DKI sehingga hasilnya berbalik dengan pilkada kemarin," kata Gembong saat dihubungi di Jakarta, Jumat (19/4).

Disamping itu juga, kekalahan Prabowo-Sandi di Jakarta lantaran masyarakat ibu kota dinilai sudah cerdas mentukan pilihan. Kemudian keberhasilan Jokowi-Ma'ruf mengunguli Prabowo di Jakarta karena masyarakat menyadari betul hasil kerja Jokowi selama lima tahun ini.

Kinerja Jokowi jadi kunci kemenangan di Pilpres 2019
Kinerja Jokowi jadi kunci kemenangannya di Pilpres 2019 di DKI Jakarta (antaranews)

"Rakyat Jakarta merasakan itu. Karena warga Jakarta merasakan itu, rakyat Jakarta memberikan hadiah kepada pak Jokowi berupa suara yang diberikan," tutur dia.

Seperti diketahui, hasil hitung cepat Pilpres 2019 versi Indikator Politik Indonesia memparkan hasil hitung cepat yang memenangkan Jokowi-Ma'rif. Hasilnya, 51,77 persen suara di DKI dimenangkan oleh pasangan Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan pasangan Prabowo-Sandiag meraih 48, 23 persen suara.

Sementara itu, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Jakarta.

Berdasarkan suara yang masuk 87,67 persen Jokowi-Ma'ruf meraih suara 50,59 persen. Kemudian Prabowo-Sandi mendapat 49,41 persen.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH