Prabowo-Sandi Hanya Dapat Delapan Suara di TPS Ibunda Jokowi Petugas KPPS TPS 38 di Kampung Tirtoyoso RT 04 /RW 13, Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, melakukan perhitungan suara, Rabu (17/4). (MP/Ismail)

MerahPutih.com-Capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya mendapatkan delapan suara di TPS 38 di Kampung Tirtoyoso RT 04 /RW 13, Kelurahan Manahan, Banjarsari, Solo, Rabu (17/4). Sementara capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan 152 suara.

Ketua KPPS, Sunarso, mengatakan penghitungan surat suara untuk Pilpres sudah dimulai pukul 13.30 WIB dan selesai pukul 14.00 WIB. Hasilnya Jokowi-Ma'ruf Amin unggul 152 suara dibandingkan Prabiowo-Sandiaga hanya memperoleh delapan suara.

"Total DPT ada sebanyak 187 DPT di TPS 38. Yang memberikan hak suaranya 162 orang. Ada dua suara tidak sah akibat dicoblos lebih dari dua kali," kata dia.

Ibunda capres petahana Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo menggunakan hak pilihnya di TPS 38. Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/4). (MP/Ismail)
Ibunda capres petahana Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo menggunakan hak pilihnya di TPS 38. Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/4). (MP/Ismail)

Melihat dari formulir C-1, kata dia, ada sebanyak 25 orang yang tidak menggunakan hak pilihnya pada Pilpres 2019. Di TPS 38 merupakan tempat dimana keluarga Jokowi memberikan hak pilihnya. Diantarabya ibunda, Sudjiatmi Notomiharjo, Gibran Rakabuming Raka beserta sang istri Selvi Ananda dan juga putra bungsu Kaesang Pangarep.

"Ada beberapa penyebab mereka tidak menyoblos, diantaranya meninggal dunia, pindah dmisili, dan tidak ditemukan alamatnya saat pembagian formulir undangan," kata dia.

Ia menambahkan jumlah DPT yang meninggal dunia sebanyak tiga orang dan enam lainnya pindah domisili. KPPS juga mendapati ada pemilih DPTb mengunakan hak pilihnya di TPS 38. (Ism)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH