Prabowo Klaim Rencana Pemindahan Ibu Kota Perjuangan Gerindra Sejak 2014 Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Facebook/Prabowo Subianto

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sepakat dengan rencana pemerintahan Joko Widodo memindahkan ibu kota negara dari Pulau Jawa ke Kalimantan. Menurut Prabowo, ide ini sudah ia bicarakan sejak lama.

"Pemindahan ibu kota ini sudah perjuangan Gerindra (sejak) lama. Dari 2014 sudah berjuang (untuk) pemindahan ibu kota," ujar Prabowo kepada wartawan di Kantor DPP Gerindra, Sabtu (17/8).

Baca Juga: Politisi PKS Nilai Pemindahan Ibu Kota Tidak Tepat

Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto: Facebook/Prabowo Subianto

Prabowo menjelaskan, pemindahan ibu kota itu bukanlah perkara gampang. Menurut Prabowo, perlu pengkajian yang matang serta biaya besar untuk mempersiapkan sebuah daerah menjadi ibu kota negara.

"Tentu pindah ibu kota perlu penelitian yang baik, tempat di mana, bisa diterima semua pihak dan biaya juga tidak ringan. Cari yang terbaiklah, harus dicari," ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan rencana pemindahan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan dalam pidato kenegaraan saat Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Baca Juga: Jokowi Minta Restu Masyarakat Indonesia untuk Pindahkan Ibu Kota Negara

Presiden Jokowi menambahkan, ibu kota negara bukanlah sekadar simbol identitas bangsa. Menurut dia, ibu kota juga merupakan representasi kemajuan bangsa.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di Sidang Bersama DPR-DPD RI mengatakan, bahwa dirinya meminta izin kepada bangsa Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan.

Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo. Foto: ANTARA

Baca Juga: Soal Pemindahan Ibu Kota, Fadli Zon: Uangnya dari Mana?

Menurut Joko Widodo, ibu kota negara bukan hanya simbol tapi menjadi representasi kemajuan bangsa. "Ini demi visi Indonesia maju. Indonesia yang akan hidup selamanya. Dirgahayu RI. Dirgahayu Pancasila. Merdeka," pungkasnya. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH