Prabowo Kirimkan Ratusan Anak Buahnya Bantu Percepatan Penanganan Corona Menthan Prabowo Subianto saat melepas sebanyak 293 relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan. (ANTARA/HO-Humas Kemhan)

MerahPutih.com - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengirimkan ratusan relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan dalam rangka percepatan dan penanganan wabah COVID-19.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, pelepasan ke-239 relawan ini dilakukan Prabowo di Pusat Diklat Bahasa Kemhan Pondok Labu Jakarta Selatan.

Baca Juga:

Pandemi COVID-19, Pakan Ratusan Hewan TSTJ Hanya Cukup Sampai Juni

Kemenhan telah membuka pendaftaran untuk menjadi relawan Komponen Cadangan hingga 19 April lalu. Hingga penutupan pendaftaran, sebanyak 1.768 orang mendaftar lewat online dan 300 orang melalui aplikasi WhatsApp.

“Hanya 293 calon relawan yang terpilih,” kata Dahnil kepada wartawan, Senin (4/5).

Setelah lolos seleksi, para relawan ini kemudian menjalani serangkaian tes kesehatan yang meliputi COVID-19 rapid test, medical check-up, dan kredensialing oleh Komite Medik/Naskes terkait.

“Penyiapan relawan ini merupakan salah satu dukungan Kemhan terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang mensinergikan seluruh komponen nasional baik di pusat maupun di daerah,” kata dia.

Prabowo sendiri, kata Dahnil, secara langsung mengucapkan terima kasih dan pengharagaan yang tinggi kepada para relawan yang telah bersedia membantu penanganan COVID-19 ini.

Dahnil mengklaim animo dan antusiasme masyarakat untuk menjadi relawan komduk tersebut sangat tinggi.

Baca Juga:

Kasus Meikarta, Eks Bos Lippo Cikarang Divonis 2 Tahun Penjara

Bidang keahlian para relawan tersebut terdiri dari dokter, bidan, perawat, kesehatan masyarakat, nutrisi, analis kesehatan, radiografi, farmasi, hingga apoteker.

Para relawan Komduk Pertahanan Negara Bidang Kesehatan ini juga mendapat bimbingan teknis dan materi bela negara.

Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: ANTARA
Dahnil Anzar Simanjuntak. Foto: ANTARA

Menurutnya, Prabowo juga mengucapkan terima kasih atas kesukarelawanan dan semangat bela negara yang ditunjukkan para anggota komduk tersebut.

"Menhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas dan kerelaan para anak bangsa tersebut," katanya. (Knu)

Baca Juga:

Pemprov DKI: 80.192 Orang Jalani Rapid Test, 3.056 Positif Corona



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH